L'arc~en~ciel: "pelangi" di mata saya

8:18:00 AM

Belakangan ini saya punya kebiasaan baru kalo mau berangkat pergi kemanapun (bisa kekampus, bisa kerumahsakit, dsb), saya selalu memutar lagu dari L'arc en ciel! Terutama READY STEADY GO!


Laruku dlm World Tour 2012
Ceritanya berawal gara2 angan2 saya buat ntn konsernya L'arc en ciel (Laruku) kemaren bulan Mei di Jakarta pupus begitu saja gara2 dpt kabar kalo tiketnya udah sold out jauh2 hari dan karena pada hari yang sama saya ujian IKM-KP (T_T). Awalnya saya pasrah aja ngga bisa nonton. Tapi trus saya penasaran dan ngecek ke youtube barangkali ada video aksi Laruku untuk pertama kalinya di Indonesia itu, dan ternyata AMAZING! Walopun tu personil band udah pada peyot2 kempot2 *lebay*--uda tua mksudnya-- tapi aksi panggung dan kualitas musiknya MANTAP! Apalagi ngeliat komen2 orang2 ttg konser bertajuk World Tour 2012 itu dibeberapa situs seperti Kaskus dan blog2 para penggemar Laruku yg bilang konser waktu itu dramatis bgt dan banyak kejadian2 yg ngga terjadi di konser mereka dinegara lain, saya jadi menyesal ngga nonton (._.) Apa boleh buat, nasib anak FK....

Saya bukannya ikut2an blog2 para fans Laruku yang lainnya, berhubung saya ngga fanatik2 amat dan bukan Cielers sejati, tapi saya bener2 mengagumi mereka dari lubuk hati saya *ecieeee*. Dan saya termasuk beberapa anak yang tumbuh sambil mendengarkan musik2 mereka, karena saya mulai suka genre J-rock gara2 lagunya mereka 4th Avenue Cafe yg jadi soundtrack anime Samurai X yang terkenal bgt jaman saya SD-SMP itu. Dari situ saya jadi gemar nongkrongin stasiun radio yg muter lagu2 Jepang.

Nah, disini saya ngga bakal membahas tentang serba-serbi Laruku, sejarah Laruku, atau biodata personil. Semuanya bisa dilihat di mbah Google atau dibeberapa web dan blog ttg Laruku. Disini saya cuma mau berbagi beberapa pendapat dan alasan saya kenapa sampai sekarang saya masih jatuh hati--bahkan semakin jatuh hati sama Laruku dan keempat personilnya itu. Maka, kalau saya diberi kesempatan untuk bertemu dengan personil Laruku, maka orang yang paling ingin saya temui adalah:

1. OGAWA TETSUYA

Beliau ini bassist-nya Laruku. Bukan tipikal orang yang ganteng, keren, atau kharismatik. Tapi skill bass-nya nomor wahid menurut saya. Dari dulu kalo denger lagu2nya Laruku, satu kesan yang saya tangkap: Permainan Bass-nya selalu BERNYANYI. Jadi ngga monoton gitu. Ada melodi yang ciamik, sama seperti kalo kita mendengar nada vokal. Seolah2 lagunya Laruku itu punya dua melodi, melodi vokal dan melodi bass.

Dan ternyata memang sudah diakui dibeberapa majalah dan beberapa website asal Amerika yang pernah saya baca dulu, Tetsu-kun ini masuk jajaran 10 bassist paling hebat di dunia. Bahkan orang Amerika yang standarnya beda aja sampe mengakui demikian. Berarti ini orang emang jempolan. Makanya, kalo bisa ketemu Laruku suatu saat, saya pingin salaman dan pegang tangan si Dewa Bassist satu ini :) trus foto bareng dan kalo bisa ngobrol laaaahh....

Yang mengagumkan lagi adalah beliau ini ANTI sama ROKOK. Anak band mana sih yg ngga kenal rokok?? tapi justru beliau ini anti bgt sama rokok. Bahkan katanya senantiasa menjauhi perokok dan sering membawa air refresher utk mengantisipasi kebiasaan teman2 satu bandnya yg perokok abis. Perlu dicontoh nih! Berkarya dalam musik ngga mesti harus didopping dengan rokok, apalagi narkoba!

Menurut saya, kalo beliau dulu ngga ketemu Hyde sang vokalis, saya yakin band ini akan tetap terkenal dengan beliau sebagai vokalis juga. Suara beliau ngga jelek2 amat (sering jadi backing vokal dilagu2 Laruku kok), cocok untuk genre J-rocks walaupun masih kalah jauh dengan Hyde. Dan menurut saya juga, sense of music orang ini begitu kuat sampe ia bisa mengumpulkan 3 orang2 hebat bersama dia untuk mendirikan band sekelas ini. Menurut saya ngga mudah mengumpulkan orang2 yang cocok dengn visi bermusik seseorang dan membawanya ke pintu kesuksesan, ngga cm di Jepang, tp worldwide. Saya yakin beliau sudah punya visi dan gambaran sebelum mendirikan band ini. Sudah ada taste. Tahu betul apa yang diperlukan. Band adalah "kreasi"nya beliau. Cool.

2. HYDE

cantik ya?
Siapa sih fansnya Laruku yang ngga pingin ketemu sama orang ini???
Physically, orang ini unik. Laki-laki tapi pendek. Saya lupa berapa tinggi badannya, tapi tergolong pendek bahkan untuk ukuran orang Asia. Saya yakin sama saya aja tingginya sama :D Walaupun pendeknya beliau ini agak fatal, tapi beruntung beliau ini punya wajah yang "pretty" dan rambut yang "indah". Kenapa saya bilang begitu? Karena wajahnya emang cantik (kalo tau sejarahnya Hyde pasti tau alasannya), dan rambutnya itu lhoooo.....mau ganti2 gaya kayak apapun selalu pantes dan enak dilihat! Walaupun penampilannya ditahun2 pertama Laruku nampak seperti cewek tulen (image bishounen), tapi semakin kebelakang semakin macho kok. Wajahnya orang ini juga unik. Antara dia ketawa dan dia diem itu kesannya beda. Kalo ketawa atau meringis tu keliatan agak "jelek", tapi kalo dia diem dgn mulut rapat, SANGAT COOL!


Stop soal fisik, kita ke skill. Menurut saya skill bernyanyi-nya Hyde ini nggak sembarangan. Kalo vokalis band rock biasanya suka teriak2 ngerock gitu, nyanyiannya Hyde ini sama sekali ngga terdengar maksa kaya vokalis band rock yang teriak2 gitu. Hyde bernyanyi dengan teknik headvoice dan falsetto yang bagus. Sebenernya range vocal-nya Hyde ini ngga terlalu luas, karena suaranya emang rendah, tapi karena teknik headvoice dan falsetto-nya itu, kesannya suaranya tinggi sekali, range-nya jadi begitu luas. Bahkan diusianya yang sekarang (rata2 usia personil Laruku sekarang adalah 40 tahun), Hyde tetep mampu menyanyikan lagu2 bernada naik turun tinggi rendah dengan baik seperti waktu konser live. Beliau juga memiliki vibrasi yang khas (khas penyanyi Jepang sih). Teriakan Hyde yang paling seksi menurut saya saat mengucap kalimat "owaranai joushou" di lagu New World. Sambil berteriak tapi tetep merdu dan ngga maksa.
nice hairstyle and eyebrow :p


Kembali ke Appearance, berhubung saya suka sama yang namanya make up, sosok Hyde ini bener2 melambangkan visual kei yang pas dan ngga berlebihan. Saya suka lihat gaya rambut bahkan gaya make up yang dipake Hyde. Simple, tapi sangat visual kei. Biasanya menekankan ke eyeliner dan eyebrow (yah masak sampe pake lipstick dan blush on sih??). Hehehe. Gara2 beliau juga, saya skrg jadi makin rajin menggambar alis (soalnya pingin banget alis saya seseksi alis Hyde!!) dan terus berlatih mengaplikasikan smokey ke mata saya yg besar, belok, dan prominent ini :p


Dari personality, saya suka beliau sikap yang penuh mistery, sesuai dengan image dan penampilannya.


3. YUKIHIRO AWAJI


Penggebuk drumnya Laruku. Saya ngga terlalu ngerti soal skill ngedrum, jadi ngga bisa bicara banyak. Yang pasti skill-nya bagus. Beat drum-nya asik. Saya sangat menikmati permainan Yukihiro ini walau ngga ngerti soal drum. Lagu2nya Laruku jadi berenergi karena gebukan drum Yukihiro. Dan si Yukihiro ini juga direkrut langsung oleh sang leader, Tetsu-kun setelah pencarian beberapa lama. Katanya sih Tetsu-kun terkesan dengan permainannya Yukihiro sama seperti waktu Tetsu-kun terkesan dengan suaranya Hyde. Karena saya percaya sense of music-nya Tetsu-kun, saya pun yakin skill-nya Yukihiro ini pasti ngga main-main.
Selain jago ngedrum, Yukihiro ini katanya juga mahir mixing lagu. Nah ini yang paling gue suka!


gaya rambut waktu world tour 2012 di jakarta
Soal personality, Yukihiro ini terkenal paling pendiam. Dia ini bener2 tipikal common japanese. Ngeliat wajahnya aja saya ngga bakal bilang ini orang China atau orang Korea. Udah gitu kepribadiannya yang lebih suka diam itu tipikal bgt orang Jepang. Beliau ini putranya orang kaya (orang ternama di Jepang, katanya), tapi saya kagum dengan pilihannya untuk serius bermusik, dan saya kagum sama keluarganya yang ngga memaksa Yukihiro buat mengikuti jejak orangtuanya (yang jelas orang tuanya bukan musisi!), bahkan keluarganya justru mendukung Yukihiro.

Kalo saya ketemu Yukihiro yang pasti saya bakal minta foto bareng terutama dengan gaya rambut terbarunya beliau sewaktu konser World Tour 2012 ini dan bilang "anda sangat cool (tsumetai-- bukan kakkoii)" :p


4. KEN KITAMURA

Lagi2 saya ngga bisa bicara banyak soal skill karena skill pemain gitar itu beda-beda banget standarnya. Menurut saya permainan gitar Ken bagus. Tapi saya ngga tau mau bilang apa kalo dibandingkan dengan musisi bergitar lain seperti Depapepe.

Saya kurang suka tipe orang kaya Ken ini. Tipikal orang Jepang juga, tapi Ken ini menggambarkan tipikal orang Jepang modern (kalo Yukihiro itu tipikal orang Jepang jaman dulu), org Jepang jaman sekarang : Mesum! Kabarnya Ken emang terkenal paling mesum diantara empat orang itu. Dan saya benci banget mesumnya orang Jepang (hentai!). Ditambah lagi, Ken ini perokok berat! urrrghhh....

Yang saya kagumi dari Ken adalah otaknya. Beliau ini mahasiswa Arsitektur di Universitas Nagoya. Sekedar info, Universitas Nagoya itu universitas negeri, di Jepang kualitas universitas negeri itu JAUH lebih bagus daripada swasta. Standar masuknya juga beda. Kebayangkan betapa berisinya otak Ken dibandingkan dengan Tetsu-kun yang cuma lulusan Senmon Gakkou (semacam sekolah kejuruan--SMK gitu), udah gitu SMK-nya Tetsu-kun ini Nourin Gakkou lagi (sekolah kejuruan bidang kehutanan). Bahkan Ken ini sudah sampai tahap akhir kuliahnya sebelum akhirnya DO gara2 mengikuti ajakan Tetsu untuk gabung Laruku. Saya juga kagum sama pilihan hidupnya itu. Dia bisa aja lulus jadi arsitektur dan jadi karyawan sukses, tapi beliau banting stir dan memilih jalam musik yang ngga jelas ujungnya tetapi --mungkin-- sesuai dengan passion-nya..... saya jadi termotivasi buat banting stir mengikuti passion saya... (habis itu uang bulanan saya langsung diputus sama orang tua saya :p)

Kalo ketemu Ken saya cuma takut dicolek pantatnya dan takut bau rokoknya :p


Yap, ini cuma sekedar info dan pendapat aja, boleh setuju, boleh nggak. Yang pasti setiap hari saya pasti denger lagu2nya Laruku sebagai mood booster. Suatu hari saya pasti bisa berjumpa mereka! :D Let's work hard to make our dreams happen!

oia, best track dari Laruku menurut saya:
1. Ready Steady Go
2. New world
3. Finale
4. Stay away
(lagu-lagunya yg lain juga bagus2, tp paling sering saya ulang2 ya empat track ini).
Track yang belakangan sering saya denger dari album paling barunya laruku (butterfly):
1. Drink it down
2. Chase
3. X X X

 Bagaimana denganmu?

You Might Also Like

2 comments

  1. ANOTHER FAN OF LARUKU WHO FAILED TO SEE THE CONCERT!!!! TOS DULU KK! TTATT sayah jg gagal nonton karena ada keperluaaaaaaaaannn hhuhuhuhuhuhuh haido-samaaaa TT______________TT

    ReplyDelete
  2. my heart draws a dream

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!