Klan Tokugawa: Sekilas Tentang Para Shogun Zaman Edo

7:30:00 AM

Lama vakum ngga blogging sekarang saya blogging dengan judul yang agak berat. Kenapa berat? soalnya ini posting tentang "sekilas" sejarah Jepang. Hehehe. Seperti yang anda ketahui, saya punya narasumber seorang Jepang yang belakangan ini sering saya tanyain soal sejarah Jepang, mulai dari jaman Minamoto no Yoshitsune sampe jaman restorasi Meiji. Maklum, saya lagi demen nonton semacam Taiga drama (drama yang settingnya di jaman dulu gitu) belakangan ini.

Sebelum saya cerita, sebaiknya diketahui kalo secuil sejarah Jepang ini saya dapatkan infonya berdaasarkan percakapan saya dengan narasumber, jadi mungkin ada info2 yg kurang tepat karena saya sendiri masih terkendala bahasa Jepang yang kurang lancar. Tapi secara garis besar, inilah yang diceritakan sang narasumber kepada saya:

ALERT: Informasi dalam posting ini belum tentu 100% benar, untuk lebih jelas, dapat mengacu ke website dengan sumber informasi yang lebih terpercaya

Sebelumnya, kita ketahui dulu, apa itu Shogun?

Shogun kurang lebih adalah sebutan untuk leader atau pemimpin atau kepala suatu daerah. Misalnya si Klan Tokugawa ini adalah Shogun-nya Edo (Tokyo), sementara Toyotomi Hideyoshi adalah Shogun dari Osaka. Jabatan Shogun hanya bisa dijabat oleh SAMURAI, alias, kalo bukan samurai, maka mungkin dia bukan disebut Shogun atau tidak bisa menjadi Shogun (kurang lebih begitu). Dan istilah Shogun ini memang hanya ada di era Edo atau era-nya para samurai. Begitu memasuki restorasi Meiji dimana Samurai dihapuskan, istilah Shogun sudah tidak ada lagi.
Shogun ini fungsinya meneruskan perintah dari Emperor. Tapi selama beratus2 tahun, Shogun lebih terasa sebagai penguasa atau pemimpin dibandingkan Emperor sendiri. Jadi seolah2 pemimpin negara adalah Shogun, bukan Emperor-nya. Klan Shogun biasanya ada hubungannya dengan Klan Emperor.
(Untuk mengetahui terminologi secara benar, dapat mengacu pada website dengan sumber informasi resmi)

Selanjutnya, Siapa itu Tokugawa?


Tokugawa adalah nama Klan atau keluarga samurai yang secara turun temurun menjadi Shogun. Ada 15 nama Shogun dari Klan Tokugawa ini, mulai dari yang paling tua, kuat, dan terkenal, Tokugawa Ieyasu, sampe Shogun terakhir yang jatuh ditangan modernisasi, Tokugawa Yoshinobu. Percaya ato tidak, sejarah ke 15 Shogun ini sudah mulai dipelajari oleh anak2 di Jepang sejak mereka duduk di bangku SD!

Sedangkan Bakufu itu apa?

Kalo diterjemahin kebahasa Inggris, Bakufu = Shogunate, alias keshogunan. Istilahnya kalo Shogun itu sultan, maka bakufu adalah kesultanannya. Maksudnya pemerintahanan yang dipimpin seorang Shogun disebut dengan bakufu. (CMIIW)

Sekarang saya akan sedikit menceritakan 15 Shogun dari Klan Tokugawa itu.

1. Tokugawa Ieyasu
Adalah shogun yang terkenal, karena Ieyasu adalah Shogun yang pertama kali muncul dan berkuasa. Ia berasal dari Edo (tokyo). Sebelumnya ia pernah menantang Shogun dari wilayah Osaka Yaitu Toyotomi Hideyoshi yang akhirnya kalah dan membuat Ieyasu semakin ternama. Ieyasu kemudian mati krn penyakit, kemudian digantikan oleh anaknya:
source: http://www.britannica.com/EBchecked/media/137712/Statue-of-Tokugawa-Ieyasu-at-the-Tosho-Shrine-in-Nikko


2. Tokugawa Hidetada: 
Adalah Shogun yang nggak terlalu menonjol prestasinya. Selain tidak pintar, dia juga tdk prnah mlakukan hal yg besar, jadi sejarah mengenalnya sebagai Shogun yang biasa aja, yang kemudian mati karena sakit dan digantikan oleh anaknya

3. Tokugawa Iemitsu: 
adalah Shogun yang berkarisma. Orangnya pintar dan dihormati. Iemitsu adalah Shogun yang membenci dan menentang keras agama Kristen yang waktu itu sudah mulai masuk Jepang melalui pedagang Spanyol (waktu itu pengaruh Amerika belum masuk). Ia berperang melawan pemimpin kristen Jepang pertama waktu itu, Amakusa Shirou, dan memenangkan peperangan tersebut serta mengurangi orang2 Jepang yang memeluk Kristen. Orang2 kemudian jadi takut pdnya. Iemitsu kemudian digantikan oleh anaknya

4.Tokugawa Ietsuna: 
Shogun yang satu ini nggak terlalu populer, hanya melanjutkan apa yang sudah dikerjakan Iemitsu. Ietsuna punya pemikiran untuk membentuk bakufu yg labih kuat tp pada akhirnya ga mampu mewujudkannya. Dia tidak punya uang dan mati krn miskin. Ia kemudian digantikan oleh anaknya

5. Tokugawa Tsunayoshi: 
Shogun yang satu ini sangat menyukai binatang terutama anjing. Bahkan ia terkenal dengan sebutan "Inu Shogun" alias Shogun Anjing. Shogun ini bahkan membuat aturan dimana orang2 Jepang dilarang membunuh hewan2, (kecuali hewan ternak dan ikan tentunya, kalo ngga dibunuh, makan apa doong?!). Selain itu Shogun ini juga banyak mendatangkan hewan2 termasuk harimau dari jawa, anjing dari eropa, dan beberapa hewan dari bermacam negara lainnya. Pada akhirnya kehidupan orang2 Jepang jadi terganggu dengan adanya hewan ini, belum lagi rasa ketakutan sama hewan2 ini. Ujungnya, orang2 jadi membenci Shogun ini. Kemudian dia meninggal karena sakit dan digantikan oleh anaknya.

6. Tokugawa Ienobu: 
Ienobu ini adalah Shogun yang payah yang akhirnya mundur dari Jabatan Shogun karena merasa ngga mampu. Orangnya bodoh, lemah, dan pengecut. Kedudukannya kemudian digantikan oleh adiknya.

setali tiga uang dengan kakaknya, walaupun bukan pengecut, sayangnya Ietsugu adalah Shogun yang modalnya kekuatan doang, tapi otaknya bodoh. Alhasil dia juga harus mundur dari posisi Shogun karena ngga ngerti bagaimana menjadi Shogun. Ia kemudian digantikan oleh anak dari Ienobu, yaitu

8. Tokugawa Yoshimune: 
adalah Shogun paling terkenal, sampe2 tidak ada masyarakat yg benci sama Shogun waktu itu. Ia menciptakan rule dimana orang bebas berjualan, bebas berproduksi, dan bebas menggunakan uangnya utk kebutuhannya sendiri. Orang2 jadi bisa melakukan apapun, tidak hanya melayanin bakufu aja. Kemudian ia meninggal karena sakit.Karena Yoshimune ga punya anak laki-laki, ia digantikan oleh sinseki alias sepupunya.

9. Tokugawa Ieshige: 
Shogun ini hnya melanjutkan apa yg sdh dikerjakan Yoshimune, saking terkenalnya Yoshimune. Ieshige sndiri pnya byk penyakit yg menyebabkan dia meninggal cepat dan kedudukan dilanjutkan oleh anaknya

10. Tokugawa Ieharu: 
Shogun ini ngga terlalu terkenal. Biasa aja. Ieharu adalah shogun yang pertama kali bikin semacam bank atau tempat menyimpan uang. Tetapi usaha ini perbank-an ini ngga berjalan mulus, karena associatenya banyak bermain uang, shg kemudian Ieharu terlilit hutang dan berhenti jadi Shogun karena itu. Kedudukannya dilanjutkan oleh sang anak

11. Tokugawa Ienari: 
Ia berjuang keras mengembalikan hutang2 ayahnya. Dan kemudian jadi sakit karenanya.

12. Tokugaawa Ieyoshi: 
pada era ini orang amerika mulai masuk. Ieyoshi byk melakukan hubungan dg amerika. Ia yg memberikan ijin atas masuknya Amerika ke Jepang. Ia meninggal karena sakit dan digantikan oleh anaknya
13. Tokugawa Iesada: 
Shogun ini banyak bekerja sama dengan Amerika. Sayangnya ada golongan samurai yg ngga suka dengan hubungan antara bakufu dengan orang amerika, sehingga terjadilah "Ansei no taigoku" atau tragedi Ansei. Ini adalah tragedi dimana golongan samurai pembenci orang Amerika ini memutuskan untuk membunuh orang2 bakufu yang mendukung Amerika, termasuk Iesada sendiri. Iesada tewas dan digantikan oleh anaknya

14. Tokugawa Iemochi: 
adalah Shogun yg paling muda, masih berusia 18tahun ketika dijadikan Shogun. Ia terpaksa diangkat karena ada kekosongan posisi Shogun yang melemahkan bakufu Jepang. Utk melindungi Shogun muda inilah kemudian dibentuk Shinsengumi (sekumpulan samurai kuat, yang nantinya akan menjadi samurai terakhir) sbg bodiguard bakufu. Pada masa Iemochi inilah kemudian muncul "Shinseifu Gun" yaitu pemikiran dimana samurai sudah tidak diperlukan lagi untuk memimpin negara. Para tokoh Jepang mulai berpikir supaya bakufu dihapuskan karena tidak diperlukan lagi dan ingin membentuk kongres sebagai ganti dari bakufu, sementara kedudukan pemimpin negara dikembalikan ke Emperor. Ini adalah bentuk pengaruh dari Amerika. Karena berbagai masalah kemudian Iemochi memutuskan berhenti dari posisi Shogun dan digantikan oleh sepupunya

15. Tokugawa Yoshinobu: 
Tokugawa Yoshinobu, Edo period
source:  http://wiki.samurai-archives.com/index.php?title=Tokugawa_Yoshinobu   
Merupakan Shogun yang terakhir. Pada masa shogun ini, kastil Edo (markas Bakufu) diminta utk mnghentikan aktifitasnya. Karena tidak ada pilihan, kemudian ia berperang melawan shinseifugun yang dipimpin oleh Saigo Takamori, dan kalah, tapi Yoshinobu tidak mati. Ia menyerah kepada shinseifugun dan berjanji akan mengakhiri Era Edo beserta samurainya.Semenjak Shogun terakhir ini jatuh, maka era Edo berakhir dan berganti dengan era Restorasi Meiji. Posisi Shogun tidak ada lagi karena Samurai dihapuskan dari tanah Jepang. Posisi kepemimpinan kemudian beralih kembali kepada Tennou atau Emperror. Emperror ini ternyata masih berdarah Tokugawa. Walaupun tidak memihak kepada para samurai, Tennou Jepang saat itu, yaitu Mutsuhito ternyata masih sepupu (shinseki) dengan Tokugawa Yoshinobu. Hanya saja Mutsuhito bukan seorang samurai, jadi dia tidak menjadi Shogun.

Nah, karena Samurai semua dihabisi pada jaman restorasi Meiji inilah kemudian Shinsengumi berdiri sendiri menjadi kelompok Samurai terakhir. Shinsengumi ini memiliki 12 anggota samurai kuat yang akhirnya hanya menyisakan 3 orang yang tetap hidup sampe era restorasi Meiji yaitu : Saitou Hajime, Takeda Kanryuusai, dan Tani Sanjyurou. Saitou Hajime setelah era Edo berakhir, kmd mjd polisi di era Meiji. Persis seperti di komik Rurouni Kenshin atau Samurai X. Takeda Kanryuusai hidup sampe tua di kampung halamannya sementara Tani Sanjyurou tidak diketahui lagi kisahnya.

Itulah sekilas kisah yang bisa saya ceritakan berdasarkan penuturan sang narasumber saya. Beliaunya sampe capek menjelaskan kepada saya karena saya ngga mengerti kata2 jepang yang sulit, hehehehehe. Tapi menyenangkan bisa mendengar kisah yang biasanya hanya saya lihat lewat komik ato dorama saja :)


Sebenernya tulisan ini bener2 hanya sekilas aja tentang sejarah Jepang, klo mau belajar lebih dalam mungkin bisa ke sastra jepang atau liat disitus2 sejarah gitu, atau di bang wiki. Banyak hubungan sejarah, asal usul, yang ngga diceritakan kepada saya secara lengkap. Narasumber saya hanya menceritakan shogun dari klan ini saja, jadi untuk mengetahui  shogun dari klan lain, mungkin harus membaca banyak sumber. Disini saya hanya menuturkan dari yg saya ketahui, alias penjelasan secara ringkas dan ringan saja berdasarkan penuturan narasumber saya, Mungkin masih banyak kesalahan dan tidak semuanya tepat benar, so Correct Me if I'm wrong :D

Nantikan kisah Jepang lainnya :D

Sumber: Teman Jepang Saya
Sumber ini bukan sumber informasi resmi, untuk informasi yang lebih tepat, dapat mengacu pada website dengan sumber resmi.

You Might Also Like

5 comments

  1. samurai x film bagus ya berarti.
    dulu aku hapal istilah2 dan kurang lebih tau artinya, juga hafal dan kenal tokoh2nya, meskipun sekarang lupa. ckck.
    shogun, bakufu, edo, shinsengumi, dll dll ituuuu
    dulu saya yang masih bocah dan nggak tertarik sejarah jepang pun ngerti yang ginian. hebat juga samurai x.

    indonesia bisa bikin yg kaya gt ga ya?
    bikin org luar belajar sejarah kita juga, yang, percaya ato nggak, sudah kita pelajari sejak SD juga loo ;)

    ReplyDelete
  2. Artikelnya keren and bermanfaat...khusus ane yg suka bnget dengan sejarah jepang tapi tetap lebih bangga dengan sejarah bangsa indonesia ..thanks artikelnya

    ReplyDelete
  3. dari sini to ayamku onagadori berasal, trimakasih wawasannya

    ReplyDelete
  4. agak salah pengertian shogunnya mbak.

    shogun itu singkat katanya adalah "jendral tertinggi" yang pada saat itu memegang kekuasaan eksekutif (menjalankan pemerintahan). sementara posisi kepala negara tetap berada di tangan kaisar (emperor) jepang. Istana Shogun terletak di Edo (tokyo) sementara kaisar di kyoto. sebenernya shogun itu bawahannya kaisar, tapi pada masa keshogunan, shogun itu seolah olah lebih berkuasa dari pada kaisar (ya jelaslah, hampir semua samurai pada masa itu tunduk sama shogun, kalo kaisar protes bisa dibacok sama samurai di seluruh jepang tuh kaisar hehehe (mungkin kayak gitu)). keadaan ini berlangsung sampai ratusan tahun coy, ampe munculnya restorasi meiji yang intinya tuh ngembaliin kekuasaan kaisar terhadap pemerintahan (cieeee kaisar berkuasa lagi), waktu itu kaisarnya masih bocah coy, 15tahunan umurnya, namanya kaisar meiji (makanya dinamain restorasi meiji). proses ini gak terjadi gitu aja coy, tentunya melalui perang. untuk mengembalikan kekuasaan kaisar, orang orang yang pro kaisar perang ama orang orang yang pro keshogunan, dan juga ada campur tangan negara lain di kedua pihak. akhirnya kaisar menang dan berakhirlah era shogun-shogunan di jepang.

    Nah yang menurut saya agak janggal dari postingan ini adalah pernyataan bahwa shogun itu penguasa daerah. bukan, shogun itu berkuasa/memerintah diseluruh jepang, sedangkan untuk penguasa daerah pada masa keshogunan disebut 'daimyo'.

    sedikit komentar, postingan ini seolah-olah menceritakan kalo semua shogun tuh cuma dari klan tokugawa doang, padahal sebelum klan tokugawa jadi pemegang jabatan shogun masih ada banyak lagi shogun-shogun sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terimakasih untuk koreksinya.

      Benar sekali, tentang shogun penjelasannya lebih tepat dan jelas. Saya sendiri bukan ahli sejarah, dan postingan ini saya buat berdasarkan penjelasan teman dekat saya (seorang pelajar Jepang), mungkin karena bahasa jepang beliau terlalu berat, sehingga beliau menjelaskan kepada saya dengan bahasa yang "sederhana" sehingga mungkin penjelasannya jadi kurang tepat terutama soal terminologinya.

      Postingan ini memang dibuat hanya untuk menjelaskan salah satu klan saja (karena waktu itu saya cm menanyakan klan ini saja kepada teman Jepang saya). Diawal sudah saya sampaikan bahwa postingan ini hanya menjelaskan klan terakhir yang berkuasa sebelum terjadinya restorasi meiji, yaitu klan Tokugawa, dan sederet anggota klannya yang menjabat sebagai Shogun di periode tersebut.

      Well, sekali lagi terimakasih banyak untuk masukannya. Postingan ini hanya untuk hiburan semata. Sumber penulisannya juga bukan sumber resmi. Namun perbaikan informasinya akan saya update dalam posting untuk menghindari salah informasi.

      Delete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!