Takizawa Hideaki versus Miura Haruma

9:23:00 PM

Ohisashi buri da nee~~

Lama ngga nulis, gara2nya apa coba?? M-A-L-E-S. hehehe. waktu sih byk yg nganggur, tp ujung2nya cuma ngulet2 dikasur sambil ntn film atau ngobrol sama abang lwt Skype. Soal buang2 waktu saya emang pinter.

Ok, hari ini mau ngepost artikel yg udah muter2 diotak sejak bulan Januari lalu. Bayangin deh, Januari lalu. Lama banget ngendon di otak nggak sempet ditulis, cuma gara2.... MALES.

Post yg satu ini khusus banget buat para penggemar Dorama Jepang (yes, that's me!). Terutama penggemar dua aktor ternama yang beda agency, yg jadi my biggest Idol in my lifetime: Miura Haruma dan Takizawa Hideaki (family name is written first).

Sebenernya selama liburan semester kemaren selama dua bulan (jan-Feb) saya habiskan mayoritas waktu saya utk ntn dorama2 dan film (yg terkenal2 ajah sih) yg dibintangi dua aktor beda zaman itu. Beda zaman? Ya ngga setua itu juga sih, tapi Takizawa lebih dulu mencuri hati saya sejak jaman SMP dimana peran2nya sbg anak SMA sangat menawan. Sementara saya baru kecantol Miura pas masuk kuliah ini, maklum, kami berdua sama2 kelahiran 1990 jadinya saya baru tertarik sama si Miura ini pas dia udah keliatan lebih mature.

Jadi, saya melakukan komparasi antar film2 yg mereka bintangi. Film yg saya tonton antara lain:

Takizawa hideaki
blok Takizawa:
1. News no Onna (1998) -->ini film pertama yg bikin saya gemes ama Takky
2. Majou no jouken (1999) --> dulu pernah diputer di TV nih, pertama kali naksir ama sepatu converse gara2 liat si Takky pake sepatu itu difilm ini
3. Strawberry on Shortcake (2001) --> pernah di TV juga
4. Antique (2001) --> ngga smpet ntn smp selese
5. Boku dake no Madonna (2003)
6. Kimi ga Kureta Natsu (2007)
7. Orthros no Inu (2009)




Miura Haruma
blok Miura:
1. 14sai no Haha (2006)
2. Binbo danshi (2008)
3. Gokusen 3 (2008)
4. Bloody Monday 1 & 2 (2008-2010)
5. Gokusen 3 SP (2008)
6. Samurai High School (2009)
7. Taisetsu na Koto wa Subete Kimi ga Oshiete Kureta (2011)
8. Hi wa Mata Noboru (2011)
9. Kimi ni Todoke
10. Koizora
11. Naoko
12. Akihabara at Deep (movie)
13. Crows Zero II --> walo cm nongol bentar, tp keren cuy


Oke, pertama2, mungkin ini agak subyektif sedikit, karena sejak awal Takizawa itu sudah jadi icon idola Jepang, sehingga segala sesuatunya terlihat keren buat dia, karena dia yng memasang "trend" itu. Pertama saya kesambit film Jepang juga gara2 si Takky ini. So, kita mulai dari Takky

TAKIZAWA HIDEAKI
wajahnya sudah ngga seimut dulu
Orthros no Inu
Agak kaget waktu liat Orthros no Inu, karena kalo kita liat close up muka si Takky, you'll realize how old he is. Very old. Kulitnya uda ngga semulus dulu dan keliatan uda ngga kenceng lagi. Agak terganggu dg penampilannya yg ngga seperti trend yg dia pasang dulu, tapi akting si Takky disitu sgt keren. Menurut saya, tokoh yg diperankan Nishikido Ryo sbg lawan mainnya, tidak akan hidup tanpa akting yg total dari Takky. Kita bisa liat betapa hitamnya si Takky sekaligus merasa kasihan klo liat endingnya *spoiler*. Kualitas aktingnya dia ngga berubah, ttp bagus

Kalo ngeliat peran2nya dia di film2 yg lain, misalnya seperti di Kimi ga Kureta Natsu dimana dia berperan jadi seorang bapak muda yg anaknya kena kanker, di Strawberry on Shortcake dimn dia jd anak cupu, Majou no Jouken yg bikin dia keliatan sedikit lebih dewasa, News no Onna dimana dia keliatan newbie yg sangat imut dan cool, sampe Antique dmn perannya dia lbh ke common man in Japan, rasanya Takky sudah mencoba berbagai macam peran2 yang berbeda2. Dan semua peran itu meninggalkan kesan.

kimi ga kureta natsu : ngga cuma Takky, bahkan
Fukada Kyoko pun keren disini! 
jaman News no Onna: kliatan msh imut&cool bgt yak?
bandingin dg foto lainnya
Misalnya sebagai bapak muda, dia keliatan menyebalkan (yg namanya married muda, pasti belum siap lah ya, jadi daddy) apalagi anaknya kena kanker, pekerjaannya yg ngga seberapa bikin hidupnya tambah sulit, belum lagi dengan sifatnya yg masih "muda". Semua tergambar dalam aktingnya Takky. Saya juga mengulang ntn News no Onna, walaupun dia cuma supporting role yg perannya cukup silent, tapi dari ekspresinya yg imut, kita bisa membaca peran si Ryuu ini sbg anak yg pendiam (krn bapaknya hbs meninggal), tp sebenernya sayang dengan ibu tiri-nya yg menarik itu (si Suzuki Honami, the main role).

jadi cowok cupu di SOS
balik ke peran cool & mature
di Majou no Jouken
Sehabis ntn News no Onna, saya lanjut ke Strawberry on shortcake (SOS), dmn sy lgsg kaget karena perannya Takky langsung berubah, dari sang master peran cool-prince-like, berubah memerankan cowok SMA cupu yg hidupnya twisted dan penuh kebohongan. Dan itu bener2 keliatan natural diwajahnya. Dia keliatan polos dan cupu, bahkan cara bicaranya jg agak berbeda. Kemudian saya bandingkan dengan Majou no Jouken dimana dia sama2 jd anak SMA, tapi disini dia terasa lebih mature, walau sama2 twisted, tapi ekspresi yg digunakan cukup berbeda, Di Majou no Jouken, dia kembali lg jadi sang master of cool prince like acting.

just an ordinary mature man di
Boku Dake no Madonna
Antique
Beda lagi dengan yg di Boku dake no Madonna, walaupun di film itu saya lbh terkesan dg role ceweknya, tapi disini Takky kembali jadi ordinary man, mahasiswa biasa, topeng cool-nya udah ngga ada, dan semakin mature. Sama dengan di Antique, walau cuma liat dia di awal2 episode aja, tapi dari episode satu aja, Takky sudah menggambarkan peran yg berbeda, sebagai orang yg lebih "light", dan kesan yg ditinggalkan ttp berbeda dengan kesan di film lain.


fukada di SOS, badingin dg yg
di Kimi ga Kureta Natsu deh..
Selain memperhatikan si Takky, dalam beberapa film Takky selalu dipasangkan dengan Fukada Kyouko, saya jadi ikut memperhatikan si Fukada ini. emang dia terkenal, tapi ternyata terkenal juga ada alesannya.Film yg dia mainkan byk bgt, tp saya cm ntn bbrp aja. Saya liat si Fukada ini juga mencoba berbagai role seperti ibu muda di Kimi ga Kureta Natsu, cewek fighter di Fighting Girl (dulu ntn di TV nih), cewek aneh di SOS, cewek pendiam di News no Onna, cewek HIV di Kamisama Mou Sukoshi dake dan semuanya meninggalkan kesan yg berbeda. Disetiap perannya dia, ekspresinya berubah. Waktu saya ntn Kimi ga Kureta Natsu, saya smpe kaget ngeliat Fukada Kyoko yg keliatan bener2 beda dibandingkan film yg sedang saya tnton waktu itu, SOS. Di film itu dia mengimbangi perannya Takky, dia keliatan dewasa smntara Takky keliatan childish. di SOS pun jg, aktingnya dia menghidupkan perannya Takky. Mungkin krn itu dia dipasangin terus ama Takky, yak? Di film Kimi ga Kureta Natsu ini, baik Takky maupun Fukada keliatan sgt imut dengan anak2 kecil, yakin deh, para penggemar pasti gemes jg ngeliatnnya.


MIURA HARUMA
gaya Gokusen 3
Sekarang giliran yg lebih muda. Berbeda dg Takky, pertamakali liat si Miura ini sy ngga lgsg tertarik. Pertama kali liat di film Gokusen 3. Kenapa saya ntn Gokusen? krn saya suka sekali franchise film ini dan suka sama si Yankumi yg digambarkan begitu mirip dengan manga-nya. Di Gokusen 3 Miura cm keliatan sprti role gokusen lainnya, yaitu brandal bego tukang berantem. Cuma, saya merasa peran Miura terlalu imut2 utk peran brandal bego tukang berantem. Kurang garang aja gitu. Sama dengan oerannya di Gokusen 3 SP, lagi2 keliatan bloon dan ngga garang, beda dengan leading role di series Gokusen 2 dan Gokusen 1.

double role di
Samurai Highschool
muka komediknya Miura
keren pas jadi samurai
Berikutnya saya ngga sengaja lagi ntn filmnya dia, Samurai highschool. Ngga nyangka kalo itu orang yg sama dengan yg main Gokusen 3. Soalnya perannya disini bloon bgt, bkn tipe peran yg digandrungi cewek. Tingkah lakunya annoying menurut saya, ditambah lagi pengecut. Tp entah kenapa peran itu malah berkesan, cocok buat dia :p apalagi klo dia pas berubah jadi samurai, mukanya teraasa sangat classic dan cocok dengan role samurai gitu, walau tetep konyol.

gaya Koizora
Selanjutnya saya mulai tertarik utk ntn filmnya dia. Saya lanjut ke Bloody Monday. Saya sudah pernah bahas yg satu ini di posting yg udah agak lama (baca disini: http://rumahindik.blogspot.com/2011/07/japanfever-strikes-back.html dan http://rumahindik.blogspot.com/2011/09/miura-miura-miura-whats-with-this-name.html). Dalam postingan tersebut saya juga sudah bilang kalo perannya dia disini kurang berasa. Dia emang hacker, tapi keliatan seperti "Haruma Miura yang jago mengetik komputer". Nggak terlalu bagus. Lain dengan di Koizora. Menurutku itu yg paling berkesan. Kesan penyayang, lovely, berandal (role andalannya dia), romantis, sekaligus menyedihkan.

senyum yg jadi andalan dia
Gara2 liat senyumnya di Bloody Monday dan gayanya di Koizora, saya makin tertarik lagi. Sy coba tontonin fil lepasnya dia kaya Naoko dmn dia berperan jd pelari maraton. Menurut saya ngga terlalu berkesan. Ada juga Kimi ni Todoke, disini perannya dia pas banget, muka cute, cool, dan keren berpadu dengan role yg bak prince gitu. Tapi hairstyle paling bagus dan pemunculan paling bagus tetep di Crows Zero II walau dia cm muncul sebentaaaaaarrrrr...




jadi cowok miskin yg ga
menarik
lbh cocok jadi murid drpd guru
(taisetsu na koto blablabla)
Selanjutnya di Binbo Danshi, sbnernya peran dia berkesan dan berbeda, smcm keluar dari comfort zone (berperan jadi cowok miskin gituu...bukan cowok cool dan bukan cowok ganteng), sayangnya peran si leading role (diperankan oleh Shun Oguri) lebih mencolok menurutku (Shun Oguri ini juga memainkan berbagai role yg berbeda dan berkesan, good act!). Setelah itu saya coba liat peran dia di 14sai no Haha yg dibilang salah satu peran terbaiknya. Dan menurut saya: benar juga! Dia lagi2 jadi cowok cool, tp problematika yg dia hadapi itu tergambar di wajahnya yg nampak ketakutan dan penuh keraguan. Menurut saya bukan yang terbaik, tapi bagus juga ya... Yg saya kurang suka adalah film Taisetsuna Koto blablabla~ (jdulnya kepanjangan --;), dmn dia berperan jadi guru muda, tp menurut saya lebih bagus klo dia jadi murid sekalian aja, peran mature-nya terkesan ngga alami, apalagi didukung wajah yg terlalu cute.


jadi polisi muda
Yang terakhir saya ntn adalah Hi wa Mata Noboru. Tertarik bgt ntn itu soalnya liat role-nya dia sbg polisi, apalagi rambutnya dipotong cepak (selama ini rambutnya kan mesti gondrong terus, sampe bosen...). Menurut saya ceritanya bagus, tapi sayangnya masih berkutat di leading role-nya yaitu si Polisi tua yg keluar dari divisi 1 investigasi (namanya siapa saya lupa), jadi perannya Miura smcm cm supporting role. Sy berharap dengan rambut barunya, Miura bs keliatan menonjol walo cuma supporting role, sayangnya dia ttp ngga terlalu menonjol. Perannya dia sbg calon polisi yg bengal yg ujung2nya jadi polisi yg baik. Menurut saya (lagi), perannya Miura sgt terbantu dengan peran lawannya Ikematsu Sousuke yg berperan jadi polisi "lurus" (ngga bengal maksudnya) yg selalu menentang perilakunya si Miura. Tapi saya sangat menghargai peran "bengal"nya dia disini berbeda dg bengal di Gokusen, karena disini dia nggak cool sama sekali, just like ordinary man. Lebih terkesan dewasa (ngga maksa kaya di taisetsuna koto itu). To be honest, saya krg suka plot film ini....


Kira2 begitulah saya menggambarkan dua aktor favorit saya. Walo sudah dimakan usia, Takky tetep Oke. dan saya merasa Miura juga bisa menyusul kualitas seniornya di dunia entertainmen itu (walo beda agensi).Kalo dikasih skor, saya kasih 8.5 utk Takky dan saya kasih 7 utk Miura. Miura masih muda, dia bisa belajar, dan kualitas aktingnya pasti bakal lebih keren. Yang saya suka dari keduanya adalah keduanya juga bermain di panggung teater juga, dan judul yg mereka mainkan juga populer (walo saya ngga nonton keduanya).

Klo ngeliat Takky dulu keluar pertama kali dengan role yg cool dan ganteng, saya jadi kaget liat peran2nya dia yg sama sekali  ngga cool. Sama dengan Miura, pertama keluar dengan peran2 berandal, tapi lama2 dia keliatan sangat natural dengan peran2 lainnya terutama yg membutuhkan "senyum indah". HOHOho.

So, which one is your favorite?




PS: blkgn ini saya rajin mengeluarkan Info seputar jepang melalui twitter, mulai dari info common sehari2 sampe sejarah Shinsengumi via @IndyRin, buat yg penasaran, silahkan liat timeline saya, kalo sempet nanti akan saya tulis ulang info2 menarik asli dari Jepang yg saya kutip dari sodara Imamura Ryuki ke dalam posting blog saya. So, enjoy!

You Might Also Like

6 comments

  1. Nee-san...
    Boleh minta link2 download semua film2nya Haruma?

    ReplyDelete
  2. wah, biasanya saya ngopi dari warnet ato dari temen gitu, jadi ngga punya linknya.

    Gomennee

    mungkin bisa tanya sama yg hobby download

    ReplyDelete
  3. 2 aktor favorite aku jugaaaa..
    Takky jamannya aku SMP.
    Miura barusan aku kenal. Pertama liat dia di koizora bbrp thn lalu. Pas nonton Kimi no todoke liat miura lagi dan kaget bgt pas tau trnyta miura berperan di koizora (wktu nonton koizora aku ga tau nama pemerannya). Aku suka liat kl miura senyum. Manis bangettt aplgi pas liat dorama-nya boku no ita jikan.

    ReplyDelete
  4. 2 aktor favorite aku jugaaaa..
    Takky jamannya aku SMP.
    Miura barusan aku kenal. Pertama liat dia di koizora bbrp thn lalu. Pas nonton Kimi no todoke liat miura lagi dan kaget bgt pas tau trnyta miura berperan di koizora (wktu nonton koizora aku ga tau nama pemerannya). Aku suka liat kl miura senyum. Manis bangettt aplgi pas liat dorama-nya boku no ita jikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, malah belum pernah nonton boku no ita jikan nih. next time nonton deh

      Delete
  5. Dua aktor favorit saya juga.. habis maraton boku no ita jikan, sekarang mau mulai nonton dorama nya hideaki takizawa yang seisei suruhodo, aishiteru.. disini takky keliatan dewasa banget,, beda jauh sama takei emi yang masih kelihatan cute..

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!