Oleh-oleh dari Jepang: Japanesse Tea Time :D

5:47:00 AM

Hiya!
It's been a long time!
Belakangan sibuk ini itu, jangankan ngeblog, belajar aja sampe lupa! :p

Langsung aja lah, aku mau berbagi informasi ama temen2 ttg TEH JEPANG!
*tadaaaaaaaa~~~hh*

Kan gini ceritanya, papa baru aja pulang dari Jepun nih *sebenernya udah g baru lg sih*, bawa oleh2 yg pasti :) oleh2nya ngga banyak sih *berhubung tasnya udah pol overload* dan entah kenapa mayoritas oleh2nya adalah MAKANAN DAN MINUMAN :/ Nggak pentinglah apa bawaannya, selama bau2 Jepang gitu, entah knp rasanya menarik.

Nah, salah satu jenis barang yang dibawa papa adalah teh :3. Di Jepang, jenis2 Teh ada banyak buanget macemnya. Introduction dulu nih: jenis teh di Jepang kira2 ada 8, dibedakan berdasarkan cara pemrosesan daun teh, jenis daunnya, baunya, atau musim tanamnya. Jenisnya ada Gyokuro, Sencha, Matcha, Genmaicha, Kabusecha, Bancha, Houjicha, Kukicha. Tentang penjelasan jenis2 itu mungkin lebih lengkap bisa dilihat di mbah wiki atau mbah gugel aja ya, yang kita bahas disini cuma beberapa jenis dan beberapa merk aja yang --menurut papa saya-- cocok di lidah orang Indonesia. Dan ingat, ini bukan blog profesional seorang pecinta teh, ini cuma ulasan dari seseorang yg hobi minum teh tawar asli Indonesia :p jadi, apapun pendapat saya, anda boleh percaya atau tidak percaya.
(Semua rasa yg digambarkan didalam bahasan ini diperoleh dari secangkir teh tersebut TANPA gula)

OK, Let's start:

Teh ini termasuk teh hijau tipe SENCHA (berdasarkan tulisan kanji yg tertera). Sencha sendiri adalah tipe teh hijau yang sehari2 dikonsumsi di Jepang. Menurut bang wiki, teh ini diproses tanpa penggilingan. pokoknya teh hijau standart gitu deh. Rasanya sih, kalo ke resto sushi, teh yg disuguhin itu termasuk dalam teh jenis Sencha ini. Dan biasanya jenis teh Sencha ini yg banyak beredar dipasaran dengan label "Green tea". Nah, bungkusan yang satu ini nggak tau mereknya apa, tapi ini teh yg bener2 umum.


Rasa: persis kaya greentea kebanyakan. Rasanya umum lah gitu. Pait-pait gurih :3 kalo minum ini rasanya jadi pingin makan sushi gitu :D


Warna: warnanya hijau transparan gitu, seperti teh hijau kebanyakan, tapi lebih transparan (encer)



Berikutnya adalah teh tipe HOUJICHA. Menurut bang Wiki, teh ini adalah teh yg proses pembuatannya dengan pemanggangan atau digongseng gitu daun tehnya. Sekali lagi, ygg ini aku juga nggak tau nama merek dagangnya.

Rasa: Teh yg ini, rasanya ya, bener2 persis kaya teh indonesia! Pas nyicip teh yg satu ini, rasanya kayak minum teh tawar kalo ke resto-resto gitu

Warna: Seperti teh pada umumnya, warna kemerahan.








Berikutnya adalah teh yg sudah ternama, IYEMON-CHA. Yang digambar ini termasuk teh keluarannya SUNTORY kalo nggak salah (yg ini aku tau mereknya :p). Teh ini termasuk campuran teh jenis SENCHA dan MATCHA (sejenis teh bubuk tradisional yg dipake upacara minum teh). Kapan hari waktu aku videocall ama Imamura, dia juga lagi minum teh keluaran Suntory ini. Dia bilang itu enak, dan termasuk salah satu favoritnya yang sering dia minum sehari-hari.

Rasa: Mirip sama si Sencha yg udah aku bahas tadi, tapi yg ini rasanya lebih pekat dan pait. Kalo disuruh minum sehari2, aku pilih sencha aja, dijamin bisa bikin yg tadinya muneg dan mual, jadi segerrr

Warna: Hijau seperti teh hijau, tapi warnanya lebih pekat



Yang terakhir adalah teh merek MAXIM ini. Ini nih, tehnya anak muda. Ini bukan termasuk tipe teh2 umum di Jepang, karena teh ini adalah tipe tea-latte! Mirip seperti teh Thailand/Chai Tea-latte, campuran teh dan susu (cream). Satu kotak teh ini harganya sekitar 190Y padahal isinya cuma 4 sachet. Lumayan mahal lah.... dan sayangnya, persediaankku tinggal 2 sachet lagi.

Rasa: UWAAAAAAHHHH~~ delicious sekaliiiii... berhubung aku suka banget both green tea dan susu. Tapi sebenernya rasa seperti teh ini mudah ditemui di mall-mall, terutama di stand Cincau Station, cobalah jenis minuman Gurin, rasanya mirip dengan tea-latte MAXIM ini, tapi tetep lebih enak yg MAXIM ini sih :DD rasanya pas

Warna: Warnanya campuran hijau dan putih pekat. bagus deh :) lihat aja dibungkusnya. cantik, kan?


Sebagai bonus, ada satu lagi teh, tapi yg ini dari KOREA

Tadah, ini teh dengan tulisan Hangul yg ngga bisa aku baca. Ngga tau artinya apa, nggak merhatiin bungkusnya juga. Aku begitu penasarannya dengan berbagai macam teh, jadi langsung aja aku rasain. Begitu aku buka bungkusnya, langsung kecium bau tehnya. lucunya, baunya seperti BAU JAMU! Pertamanya aku pikir ini semacam teh gingseng gitu, atau teh rempah2 (jamu) gitu. Tapi semua itu berubah ketika aku coba rasanya....

Rasa: Mirip seperti ketika kamu minum teh sambil...................makan snack rasa jagung bakar. Maksudnya? Yap, rasanya seperti kamu minum teh dicampur jagung. Seperti uraian diatas, teh ini ternyata adalah: TEH JAGUNG. Baru pertama kali ini aku minum minuman dengan sensasi yg aneh. Pertamanya sih enak, ada rasa gurih-gurih-jagung gitu. Tapi lama2, aku ga tahan buat ngabisin secangkir doang......

Warna: persis seperti teh indonesia pada umumnya. kemerahan.


Okeoke,,, segitu saja ulasan soal teh, sebenernya ada juga beberapa makanan (bukan minuman lagi) yg dibawain, tapi kita sambung next time aja. Tapi kalo ditanya oleh-oleh apa yg paling aku sukai dari jepang? Jawabannya ini:

Penggemar film2 Jepang, orang yg pernah sekolah dijepang atau tinggal dijepang pasti tau. Ini adalah tas yang mengambil model berdasarkan tas sekolah umum di Jepang. Bahkan si Imamura aja waktu aku tunjukkin tas ini lewat videocall dia bilang, "aku juga punya tas semacam itu sewaktu SMA, sekarang sudah nggak tau kemana" katanya. Ini emang bukan tas bermerek, bukan tas mahal, dan bukan tas yg too expensive. Tas ini juga bukan beli di sekolah Jepang atau toko barang bekas. Tas ini keluarannya HelloKitty, termasuk salah satu koleksi HelloKitty gitu. Buat anak SMA yg gemar Hellokitty, mereka bisa pake tas ini karena modelnya mirip dengan tas sekolah mereka. Tas ini banyak kantongnya, jadi aku suka bangetttt :3

Yang pasti, kalo aku pake tas ini, rasanya aku semangat banget. Jadi inget cita2ku dulu dan betapa gigihnya aku mengejar itu. Dan tas ini juga mengingatkan aku kalo aku nggak boleh nyerah dan harus keep fight just to make my dreams come true.Dan jiwa mudaku yg udah tertelan handout materi kuliah itu tiba2 bangkit. Menurutku tas ini punya nilai yg lebih tinggi daripada sekedar harga. Lagipula tas dengan model ini jarang ada di Indonesia, kecuali kamu pesen untuk properti cosplay atau bener2 niat nyari :)

Yap, sekian dan terimakasih :DD Semoga menghibur

You Might Also Like

4 comments

  1. Bikin pengen tehnya mbak xD yg maxim kayanya paling enak ya..
    Seruuu, aaargh jadi mau punya barang yang bisa membangkitkan jiwa muda yang tertelan handout kuliah. :3

    ReplyDelete
  2. Hi i'm visiting back ;)

    i like ur blog keep the gud works ya

    btw saia pernah liat org minum teh cina di bandara pake gelas keramik n ditagih 1jutaan ckckck

    ReplyDelete
  3. dear boutacinema:

    kok bisa ditagih 1jutaan kenapa ya? karena keramiknya ato teh nya? (?_?)

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!