MY Proud! I am a med-student and I am dancing!

9:16:00 AM


Wow, aku suka tampilan baru si blogger.
Anyway, aku sebenernya pingin sharing banyak hal, krn banyak hal yg terjadi sejak terakhir kali aku ngeblog. Pingin nulis macem2 nih, tapi aku putuskan utk menuliskannya satu persatu, let's start with this:

Seperti yg sudah diketahui, saya adalah mahasiswa FK disuatu PTN terkemuka. Orang kalo liat label "anak FK" pasti mikirnya: cupu, kutubuku, kebanyakan belajar, sombong, ngga pernah maen, dsb (yg jelek2 tapi, klo yg bagus2 mah biasa...B) hehe ). Saya pun lelah di labelin kaya gitu. Dulu pas SMA padahal saya tergolong yg suka "rame2", "senang2", "ribut2", dan tergolong "hiperaktif" (segala macem ekskul diikutin). Begitu masuk kuliah, trus langsung 180derajat berputar. Soalnya diotak ini kaya ter-stigma "FK itu sulit. Pokoknya belajar tok". Soal FK itu sulit, itu emang bener banget, tapi soal "belajar tok", itu relatif. FK artinya long-life learning, tapi ngga berarti hidupmu habis cuma buat belajar.

Karena saya ngebet mengembalikan masa ceria hidup, maka saya mulai dengan menghibur diri sendiri dengan kegiatan yg paling saya sukai sejak jaman SMA: DANCE. Jaman SMA dulu, saya lumayan merajai kompetisi dance di kota kelahiran saya (hidung memanjang nih). Soalnya pelatih saya keren sih (anggota Alphaplus dancer--jaman saya SMA tuh udah keren bgt gitu). 
( di foto: saya nomer dua dari kiri)

Tapi sejak masuk kuliah, kegiatan itu berhenti begitu saja karena stigma: masak anak FK ngedance gitu? belajar dong!-->sekali lagi, belajar emang bener, tp masa muda ngga akan terulang duakali, dan sayang kalo semuanya habis utk belajar doang. Pertamanya saya cuma asik2an aja sama temen2 ngumpul di student center kampus tiap minggu buat ngedance-cover (niruin videoclip, terutama Korean). Sampe akhirnya dateng kesempatan,

Saya diberi kepercayaan oleh angkatan utk memegang lomba bakat bertajuk FK GOT TALENT atau FKGT pada tahun 2010, sebuah kompetisi adu bakat se-FK. Kesempatan itu saya manfaatkan utk menghilangkan stigma dan menyebarkan virus bahwa "anak FK bisa juga ngedance", "anak FK bisa kreatif", "anak FK ngga mesti belajar mulu" dengan ikut berpartisipasi sekaligus memeriahkan kompetisi itu. Sayangnya ngga berjalan mulus, karena grup dance saya dan teman2 belum sampe semifinal udah rontok duluan.

Ngga kapok sampe disitu, tahun 2011, dengan semangat yg sama, saya coba ikutan lagi. Sayangnya temen2 ngga bisa bantu bikin tim krn semester6 bukanlah permainan. Karena udah bener2 bosen sm stigma itu, akhirnya nekat juga ikut lomba dengan ngedance SENDIRIAN. Brandon aja bisa, masa saya ngga?

Karena saya kebiasaan melakukan dance cover, maka penampilan perdana saya adalah dance cover artis2 top Korea. Satu2nya pelatih saya adalah ABANG YOUTUBE dan semangat kembali muda. Yang menarik (menurut saya) dari konsep penampilan saya adalah saya meng-cover 7 artis lengkap dengan kostumnya! Artisnya antara lain Se7en (Digital Bounce dengan kostum jaket yg maskulin), Rain (Rainism dengan gaya jas bad-boy), DBSK (keep your head down, dengan kostum hitam putih), Tae yang (wedding dress dengan topinya), Super Junior (Sorry2 lengkap dengan tutting dan Bonamana--yg ini sih kostumnya variasi), terakhir  Shinee (Lucifer, pokoknya kostumnya item2 gitu, gara2 bahan buat kostum yg dicari ngga ketemu). 

It looks silly, but I'm really proud. Saya bahkan memodif sendiri sarung tangannya dengan melapisi pake payet biar berkilau persis ky vidclip DBSK. Saya juga memodif kostumnya supaya mudah dilepas. Berarti saya make baju 5 lapis lah kurang lebih lah. Panas? sure. Sesak? yes, hardly move.

Just check it out:


jangan ngebayangin saya bisa seperti dancer profesional ya, namanya juga anak FK yg (tetep aja) mayoritas waktunya terpakai utk belajar. terakhir kali saya latihan sama pelatih tuh pas kelas dua SMA. dan saya melakukan ini disemester 6. kebayang kan berapa lama saya ngga latihan, alias cuma dilatih abang youtube? (sorry kualitas videonya 3gp)

Saya ngga berharap banyak waktu babak pertama lomba itu, saingannya lumayan berat. ada dua tim dancer bahkan (junior saya, yg notabene lbh punya byk waktu latihan dance drpd saya yg sudah semester tua), sementara saya sendirian. Tapi alhamdulillah, dikasih kesempatan buat lanjut ke babak berikutnya.

Nah, yg berikutnya lebih menantang. Soalnya, babak semifinalnya diadakan H-1 ujian stase Psikiatri! harus mikir konsep, kostum, dan latihan lagi dalam kurun waktu semingguan! berat, dan saya hampir mengorbankan salah satu (pinginnya sih ngorbanin ujian psikiatri....hahahahaha), tapi akhirnya saya dapet ide. konsep berikutnya adalah kisah jurus transformasi ninja menjadi seorang wanita Indonesia yg cantik. Aneh kan?

Ni terinspirasi waktu denger lagunya DBSK yg judulnya MAXIMUM. itu lagunya bahasa korea, tapi instrumennya jepang abis. Trus pas liat koreonya dikerjain ama koreografer favoritku Rino Nakasone, maka saya kalap abis. Langsung bikin cerita ngga tau gimana, pokoknya ada ninja2annya. Jadilah kisah transformasi ninja itu.

Pertamanya dimulai dengan kemunculan ninja yg kemudian bertransformasi menjadi cewek setengah cowok (pake lagu Get your money up-nya Keri Hilson dan Million Dollar Baby-nya Whitney Houston) yg kemudian celananya melorot dan berubah jadi Korean Barbie (SNSD's song) dan jadi American Barbie (Single Ladies by Beyonce), dan terakhir berubah jadi cewek cantik Indonesia yg diwakilkan dengan lagunya Agnes Monica: Paralyzed (ada selingan sedikit lagu Hold it against me-nya Britney Spears juga). Dancenya masih cover, alias menirukan koreo aslinya. Kostumnya yg ini adalah hasil brainstorming sendiri. Dan perlu diketahui, celana dan rok yg saya gunakan adalah BUATAN SENDIRI B) Cool, huh?
(mau ujian psikiatri tapi malah jait rok, celana, dan nari. ckckckckckck)
Check this out:
(sorry, videonya ngga bisa diupload --; fotonya jg ga ada, gara2 kalap mau ujian psikiatri wktu itu)

Dancenya cukup berantakan sih, bbrp bagian dari cerita kurang tersampaikan, tapi berita bagusnya, penampilan saya tersebut berhasil membawa saya ke final, dan ujian psikiatri saya SELAMAT! Siapa bilang hobby dan kewajiban sbg mhs FK ngga bisa jalan bersama? Asal ada niat, pasti ada jalan.

Alhasil, sampelah di final. Untuk penampilan terakhir ini saya cukup tertekan. Panitia penutupan acara Dekan Cup tempat saya berlomba membatasi durasi penampilan jadi 10menit. Padahal penampilan sebelumnya masing2 7mnt dan 8menit, dan saya berencana tampil 10menit utk maksimalnya dipuncak acara. Karena dilarang, konsep yg sudah ada jd harus berubah. Yang tadinya mau menampilkan transformasi dance dari jaman ke jaman, akhirnya jadi menampilkan East meets West dimana saya menampilkan tarian dari timur (tari topeng tradisional indonesia, tari tradisional jepang, tari india, dan dance modern pake lagunya Playboy by 7icons, plus kembali dance cover korea: Abracadabra by BEG, SNSD's, Sorry2 by SuJu and Lucifer by Shinee--again--) yg kemudian berpadu dengan barat (My Love dari Justin Timberlake, Low by Flo-rida and T-pain, Yeah3x by C. Brown). dan diantaranya saya selipkan sesuatu yg tidak pernah saya lakukan dan saya baru belajar: Stomping (cover from Agnes Monica). Untuk penampilan puncak, biar ngga sepi dan lebiih variatif, saya ajak 2 rekan saya yg biasanya suka dance cover di student center, sekaligus memperkenalkan komunitas dance yg --akhirnya--kami bentuk, MedDance.
Check this out:

Blazer nya hasil pinjeman tuh, tapi yg membanggakan, baju saya yg berkilau emas itu jaitan sendiri lhoooooo (menjahitnya dalam waktu kurang dari sejam). dan roknya itu juga buatan sndiri yg aku pake di babak sebelumnya. Membanggakan, eh?--walaupun sepatu dan sarungtangannya minjem (Thnx a bunch to Irsa and Jody)

Tetep dengan ciri khas: ada storyline (walaupun jd g jelas karena screen yg menampilkan ceritanya ngga keliatan), ada ganti kostum, dan ttp dance cover. Beberapa emang dance cover, tapi beberapa juga original coreograph. Sempet stres buat mikirin penampilan ini, karena seperti biasa saya bertengkar hebat dengan diri saya sendiri, antara ego-idealisme-kenyataan. Tapi alhamdulillah hasilnya bagus, crowd suka, dan JUARA SATU :)

Dengan ini saya merasa tidak kehilangan masa muda saya. Dan bisa terus berkarya adalah suatu gairah yg justru membuat belajar jadi lebih semangat. Dan lebih alhamdulillah-nya lagi, meskipun saya keasyikan dengan dance, tapi ternyata dalam hal kuliah saya tidak perlu mengulang :))

Thanks God for the opportunity, Thanks to my self for the hardwork, and thanks to ALL of my FRIENDS who gave me almost EVERYTHING I ever need. Saya bangga sudah melakukan sesuatu yg saya sukai sepenuh hati. dan ketika hasilnya baik, rasanya bener2 sangat memuaskan, walaupun ini semua sebenernya sama sekali bukan apa2 dan ngga perlu dibesar2kan. Tapi yang penting rasanya bangga dan senang :) puas? belum ;)

pesanku, jadi anak FK harus bisa manage waktu, lakukan segala sesuatu dg niat yg baik

Selanjutnya, proyek apa lagi ya??
hahahahaha

You Might Also Like

0 comments

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!