one day trip: Wonosobo, beauty beauty and beauty

4:25:00 AM


 Haiii!!! Kembali lagi berbagi cerita setelah saya menyelesaikan perjalanan sehari di Wonosobo saya seminggu yang lalu. Mau tau apa saja petualangan saya dan tempat2 yg bisa diraih dalam waktu satu hari? Singkat saja, simak petualangan saya berikut :

saya dan teman2 :D

first of all, saya harus mengucapkan terimakasih kepada teman saya Nur Adini Rahmawati yang sudah menjadi “host” dan penanggung jawab sekailgus sebagai duta pariwisata utk saya dan teman2 selama berpinik ke wonosobo. Kemana saja kami? Yang jelas tujuan utama dan obyek wisata utama: DATARAN TINGGI DIENG!

Di daerah perbukitan/ dataran tinggi/ gunung (saya ngga tau lebih tepat disebut apa) Dieng, ada byk sekali obyek wisata alam, mulai dari kawah, telaga, taman bunga, sampai Candi Konon, candi2 ini adalah tempat bertapanya raja2 atau dewa2 jaman baheula.
sunrise di Dieng


Perjalanan saya dan teman2 bermula sejak matahari terbit. Destinasi pertama adalah GARDU PANDANG

Letaknya cukup tinggi (kurang tahu juga seberapa tinggi). Ada apa disana? Nggak ada apa2. hanya gardu pandang beserta pemandangan sunrise yang indah. So romantic and beautiful . Tempat ini cocok utk foto2, menikmati sunrise dan bercengkrama dengan yg dikasihi, walau tempatnya nggak terlalu nyaman (soalnya cm gardu doang yg bentuknya ya gitu2 aja)
dimana2 ada bunga terompet

Setelah sunrise lewat, kami menuju ke Candi Gatotkaca. Disini saya nggak sempet foto2. hehehe ^^;
action di candi

Masih bertema sama tapi beda lokasi, selepas Candi Gatotkaca kami ke kompleks Candi Arjuna, ompleks ini terdiri dari lebih dari 3 candi kecil (kalo nggak salah). Pemandangannya cantik sekali, candi diantara hamparan rumput hijau. Ditambah bunga2 cantk dan hawa yang dingin. Tempat ini asyik bgt buat photoshoot! Saya nggak lupa menyempatkan buat sedikit “photoshoot” di pintu salah satu candi ;)
kompleks candi Arjuna

bunganya cantik :)
Sebelum meninggalkan kompleks candi ini, kami iseng2 foto sama kambing yang lagi digembalakan disekitar situ. Habis kambingnya mirip Shaun the Sheep sih....hehehehe. bulu2nya tebel bikin gemes, dan jenis kambing mirip dengan yang ini juga yang dipake di photoshoot salahsatu cycle America’s Next Top Model. Just telling,,, hehe ^^;

tempe kemul yang yummy bangets
kambing ala shaun the sheep
Kami sempat juga menikmati gorengan khas di Dieng, yaitu tempe kemul. Ini semacam tempe gorengan gitu, tapi tepung yg digunakan semacam tepung utk rempeyek. Jadinya terasa gurih dan enak. Buat yg mual2 sepanjang perjalanan ke Dieng yang emang nggak bersahabat, makan tempe kemul bisa sedikit mengurangi rasa mual. Biasanya makanan ini dijual diwarung2 sekitar objek wisata. Buat yg pingin coba, bisa juga minum Purwaceng, sejenis rumput2an yang dipercaya sebagai obat salah satunya obat kuat bagi pria ;)




 Next is: KAWAH SIKIDANG.
didepan kawah terbesar
Yang pernah ke Wonosobo biasanya tau kawah ini. Kawah ini semacam kompleks. Ada kawah yang kecil, yang dekat dengan tempat parkir, tapi yang seru adalah kawah yang paling besar. Kawah yang besar dapat ditemukan setelah berjalan agak ke tengah. Jalanannya lumayan “menantang”, belum lagi bau belerang yang sangat kuat yang bisa bikin pingsan buat yg nggak kuat. Tapi pemandangannya indah lho, yang pasti saya nggak nyesel jalan sampe kawah yang besar, walopun saya salah kostum karena pake sandal dengan hal 5cm ^^; Suhu kawah sangat tinggi menurut warga situ (tapi saya lupa tepatnya berapa Celsius, sekitar 102 kalo ngga salah)

Ditengah jalan menuju kawah yang besar ada semacam jembatan kecil yang dibawahnya dilalui air dari kawah. Tapi air ini nggak panas kok. Dan sekali lagi, ini spot yang bagus untuk berfoto. Walaupun disekitar sini bener2 banyak bgt spot utk foto sih.

Lanjut ke: TELAGA WARNA
warna telaganya ngga keliatan ^^;
hutannya cantik sekali
Harusnya telaga ini waktu difoto menunjukkan warnanya yang sangat indah, bergradasi. Sayangnya modal saya Cuma kamera hape, jadi hasilnya nggak asik. Hehehe. Disekitar telaga ini ada jalan hutan. Apa ya sebutannya? Ada track jalannya dimana diperjalanan nanti kita bisa menemukan goa tempat semedi. Jalan hutan ini hijau banget, bener2 asri dan enak. Sekali lagi, cantik banget buat photoshoot. Sayangnya foto2 terbaik di area ini diambil dengan kamera temen, jadi belum bisa ditempilin disini. Batu2 berlumut, tanah yang coklat gelap, dan pohon2 yang artistik sangat cantik buat jadi background foto kita. Berfoto dipinggir danau pun bisa jadi pilihan yang bagus, asal nggak takut jatuh ke telaga ^^;

air terjun di kawah
Candradimuka
Nah, yang menurut saya paling ekstrim adalah KAWAH CANDRADIMUKA. Wuih, jalan menuju ke lokasi sangatlah sempit. Sulit dilalui 2 mobil, padahal jalan itu bukan jalan searah, dan yang biasa lewat adalah truk. Jalanannya berbatu2 dan kalo menengok kesamping, rasanya seperti mau terjun dari gunung. Tanjakkannya semakin lama semakin ekstrim, hampir 45 derajat! Kami yang naik mobil niaga agak khawatir dengan medan, sampai akhirnya kami memutuskan berjalan sampe ke kawasan kawah tersebut. Dan dengan jalan kaki pun tetap ekstrim dan melelahkan!

Sampe dilokasi, ternyata kami masih harus menuruni semacam bukit untuk mencapai lokasi kawah. Beruntung saya sudah ganti sandal jepit, karena jalan menuju kawah ini bener2 licin dan setapak. Apalagi kami harus melewati jalan setapak yang dilewati air dari kawah yang suhunya bisa sampe 50 derajat selsius! Dan seperti biasa, bau belerang yang sangat kuat!

Di kawah ini kita bisa menemukan air dengan suhu yang berbeda. Air dari mata air yang terjun dari atas suhunya sangat dingin. Tapi suhu dikawah sangat panas. Diantara pertemuan kedua air tersebut bisa kita temukan air dengan suhu suam2 kuku yang sangat nyaman, apalagi kalo kaki kita ‘nyemplung’ kesitu.


sumur yang dikelilingi
dinding yang tinggi
dari atas sumur
Selanjutnya kami ke SUMUR JALATUNDA. Sumur ini berupa kawah yang punya cerita. Konon orang yang niat kuat atau ada permintaan yang akan terkabul, kalo melempar batu ke dalam sumur/kawah ini pasti bisa ‘nyemplung’ ketengah (bagi cewek) atau ke ujung yang berlawanan (bagi cowok). Percaya atau nggak, sulit sekali untuk melempar ke tempat2 yang dimaksud tersebut. Ketika mencoba melempar sekuat tenaga, rasanya batu sudah cukup jauh, nyatanya batu itu nggak nyemplung ke tengah (bagi cewek). Nggak percaya? Silahkan coba deh.

kebun teh
didalam pabrik teh
Capek setelah ketempat2 ekstrim, selanjutnya kami berhenti di TAMBI TEAFACTORY. Ini ada pusat pengolahan dan perkebunan teh. Saya yakin tempat ini sudah tidak asing. Disini kita bisa tour melihat perkebunan teh, berfoto ditengah kebun teh, melihat proses pengolahan daun teh, sambil menerima banyak pengetahuan ttg kualitas teh, and believe me, very interesting! Selesai tour kami disuguhi sample teh yang diolah ditempat ini. Untuk mendapatkan tour, sayangnya kita harus reservasi sehari sebelumnya, alias ngga bisa dadakan. Di kawasan Tambi juga ada penginapan yang dilengkapi pemandangan indah dan fasilitas outbond, buatnya yang pingin mengadakan acara makrab, tempat ini sangat pas.
diatas kapal mengitari telaga

kabut turun diatas telaga
Terakhir, kami menuju ke TELAGA MENJER. Ini adalah telaga yang begitu luas, sekaligus indah. Disini kita bisa menyewa semacam perahu kecil untuk mengelilingi telaga. Ketika sampai disana cuaca sangat mendung sehingga kabut turun menutup telaga ketika kami melintas dengan kapal. Suasananya sangat mencekam, tapi tidak terelakkan bahwa pemandangannya nampak cantik walaupun terkesan mistis. Jika anda berencana kesini, pastikan cuaca cerah, supaya pemandangannya lebih maksimal tanpa kabut.

mie ongklok
Terakhir kami turun gunung dan mampir ke warung yang menjual MIE ONGKLOK. Ini adalah makanan yang popular di Wonosobo. Semacam mie ayam dengan kuah yang kental bercampur tepung kanji. Rasanya manis, campuran antara bumbu kacang dan kecap. Mie ini biasanya dinikmati bersama sate, baik ayam maupun daging. Habis capek2, makan mie ongklok anget, pas banget!!

So, ada yang mau coba mengelilingi Dieng dalam sehari?

You Might Also Like

0 comments

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!