Banpaku Kinen Koen and 20th Century Boys

4:54:00 AM

Akhirnya punya waktu luang yang cocok banget buat ngeblog, so here goes my new post!

Mukanya udah mirip apa belom yah?
Hahaha

Sudah satu bulan sejak posting terakhir saya, kali ini saya akan kembali lagi dengan post seputar jalan-jalan saya di Jepang! Hehehe

Bulan November adalah bulan yang cocok untuk traveling di Jepang. 
Kenapa? Karena bulan ini adalah bulannya musim gugur, dimana suhu sudah mulai turun (dibawah 20celcius), jadi sejuk-sejuk segar gitu, cocok banget buat jalan-jalan. Ditambah lagi dengan suasana pepohonan dengan daun-daun yang sudah mulai menguning, memerah, dan akhirnya merontok. Hahahaha. Ini memang musimnya melihat pohon "momiji" berubah warna dan eventually rontok, makanya orang-orang sering menggunakan istilah tersebut dan menyebut bulan November sebagai "musim melihat momiji di Jepang".

Bunga-bunga di musim gugur
Dedaunan yang memerah

Pohon sakura sudah memerah dan bahkan sudah banyak yang rontok

November tahun ini agak spesial btw, karena suhu sempat naik turun. Kadang suhunya bisa sampe 20celcius, tp beberapa hari kemudian turun drastis sampe 8celcius. Yeah, global warning, climate change maybe. Yang pasti kalo traveling ke Jepang di bulan ini, harus siap baju yang hangat, menangkal dingin, dan menangkal hujan, karena curah hujan di bulan ini bisa dibilang cukup tinggi (kadang dalam seminggu, ada dua hari diguyur hujan). Well, ini sekedar gambaran cuaca untuk area KANSAI lho ya, kalo Kanto bisa dipastikan lebih dingin lagi, apalagi Tokyo, yang salju pertamanya turun beberapa hari yang lalu. Padahal masih bulan November....

Anyway, jalan-jalan kali ini masih di sekitaran KANSAI area saja, karena kali ini kita akan mengunjungi sebuah taman atau park atau koen yang besar di area Suita di prefektur Osaka, yang bertajuk BANPAKU KINEN KOEN atau EXPO COMMEMORATIVE PARK!
video

Kenapa saya memilih kesini?
Karena diajak teman! Hahahaha.
Tapi ternyata worth it banget, karena tempat ini bagus banget buat momiji-an (menikmati pohon momiji, di musim gugur tentunya) dan hanami-an (melihat bunga sakura mekar, di bulan April tapi).  Taman ini luas banget dan di dalamnya ada berbagai macam lapangan yang besar-besar, 2 macam playground yang cukup luas untuk anak-anak, ada juga museum, dan yang paling iconic adalah patung "Tower of the Sun" atau "Taiyou no Tawaa" yang menjadi ikon di film 20th Century Boys!
Tower of the Sun
Taiyou no Tawaa
Menrut penjelasan, ternyata bagian dalam tower ini bisa dimasuki.
Sekarang sepertinya bagian dalamnya tidak dibuka untuk umum lagi

Tadinya saya ngga tahu menahu tentang Taiyou no Tawaa yang menjadi ikon di film tersebut, karena saya ngga pernah nonton sebelumnya. Tapi begitu saya posting foto saya di depan tower tersebut, banyak teman-teman saya yang takjub dan bilang "wah, itukan 20th century boys banget" dan ngga sedikit yang menyarankan saya untuk nonton film tersebut. Dan, akhirnya saya tonton film tersebut, langsung marathon ketiga sekuelnya!
Poster dari sekuel kedua film ini
Taiyou no Tawaa di film ini dibuat memiliki desain yang berbeda

20th century boys merupakan film yang diangkat dari manga berjudul sama, karangan Urasawa Naoki. Saya ingat manga favorite saya berjudul "Monster" yang dikarang oleh Urasawa Naoki sensei ini, dan manga tersebut menurut saya bagus sekali, bukan karena gambarnya yang indah dan cantik-cantik cakep-cakep, tapi lebih karena plot-nya yang sangat complicated sekaligus menegangkan. Berbeda dengan Monster yang mengambil setting di negara favorit saya, Jerman, 20th Century Boys mengambil setting di Jepang, hanya saja timeline plot-nya dibuat maju-mundur antara tahun 1969-1970, dan tahun 1999-2000 dan 2015an. Itulah sebabnya mereka membuat Taiyou no Tawaa sebagai ikon film ini, secara, Osaka Expo tahun 1970 merupakan Expo terbesar, termegah dan melegenda di tahun tersebut, dan di dalam film ini, Osaka Expo memegang kunci penting dalam plot-nya. Well, saya ngga akan kasih spoiler tentang film/manga 20th Century Boys, yang pasti plotnya sangat complicated, menegangkan, dan bener2 unpredictable! Saran saya, tonton deh filmnya. Walaupun grafis filmnya agak busuk (soalnya dibuat tahun 2009), tapi intrik yang dihadirkan sangat bagus. Penasaran? Tonton filmnya!

Kembali lagi ke jalan-jalan saya di Banpaku Kinen Koen!
Untuk masuk ke area Koen ini, harganya cukup murah, hanya 250yen saja untuk orang dewasa sekali masuk. Untuk anak-anak saya lupa, tapi ngga mgkin lebih dari 250yen laaah. Kalau kita tertarik untuk masuk ke museum, maka kita harus membayar tiket masuk ke museumnya. Sayangnya, ketika saya berkunjung kesana, museumnya ngga buka. Untuk yang non-muslim, ada pojok barbekyu yang menyajikan barbekyu pork hanya dengan membayar sekian yen per orang, hehehe, saya lupa berapa yen.
video

Seperti taman-taman lain di Jepang, taman yang satu ini sangat bersih dan nyaman untuk piknik keluarga. Fasilitas seperti kamar mandi juga tidak sulit ditemui. Lokasinya tentu saja ramah stroller untuk yang membawa baby. Disini, hiburan utamanya adalah lapangan yang sangat luas, cocok untuk menggelar tikar dan berpiknik sambil menikmati hijaunya taman. Anak-anak juga bisa menikmati permainan di playground, atau bermain olahraga ringan seperti badminton, main lempar bola, atau sekedar lari-larian ditengah suasana yang asri banget! Yang jelas, benar-benar menghibur dari suasana kota yang menjemukan!
Hanya separuh bagian peta taman ini. Kebayangkan besar dan komplitnya taman ini??
Peta seperti ini bisa ditemukan di berbagaimacam sudut taman, jadi jangan takut tersesat!

Puas berputar-putar di Banpaku Kinen Koen, kita juga bisa mampir ke Expo City yang berada tepat di seberang Banpaku Kinen Koen. Tempat ini juga worth visit banget! Tempat ini menawarkan hiburan yang benar-benar modern. Ada kebun binatang digital (maksudnya binatangnya ngga real gitu, hanya grafis komputer dan replika aja), Ferris Wheel yang sangat besar, ada Pokemon Gym juga, dan ada toko Gundam untuk penggemar Gundam, ada English Village untuk anak-anak, dan berbagai macam hiburan lainnya. Pokoknya worth visit banget!
video


Shaun the Sheep dengan berbagai macam desain sedang dipamerkan di area Expo City Osaka

Giant Ferris Wheel yang sangat menggiurkan dan Pokemon Gym di dekatnya

Khusus penggemar Gundam nih....

Memang sih, untuk dapat menikmati hiburan di Expo City kita perlu mempersiapkan keuangan yang cukup, karena memang tidak murah untuk menikmati hiburan modern ini. Kalo mau yang murah meriah dan seru, nyebrang aja kedepan, ke Banpaku Kinen Koen!

Akhir kata, perjalanan ke Suita sebenernya cukup lama (sekitar 1 jam) dari Kobe, dan cukup mahal, tapi bener-bener worth it! Buat yang berkeluarga, jangan lupa mampir kemari!
salam hangat dari Banpaku Kinen Koen dan Expo City!

You Might Also Like

0 comments

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!