Suma Aquarium and Suma Beach: My first recreation on my first goldenweek!

6:58:00 PM

Hola!

Saatnya berhenti procrastinating dan mulai menulis lagi. Tanpa disadari, sudah banyak petualangan dan pengalaman menarik selama 6 bulan saya di Jepang yang asik untuk disimak, yang sayangnya belum sempat saya tuliskan hingga hari ini. Mumpung saya ada waktu dan didukung dengan soda dan cemilan, mari kita bongkar perjalanan saya.

Kali ini kita akan mulai dengan kunjungan rekreasi pertama saya di Jepang. Mustinya ini saya tulis 4 bulan yang lalu, karena kunjungan ini saya lakukan di minggu-minggu awal kedatangan saya, masih di musim semi (padahal sekarang sudah masuk autumn). Kebayang kan betapa lamanya saya procrastinate??? hahahaha

Awal bulan Mei di Jepang, ada yang namanya golden week, dimana ada libur nasional berurutan di minggu pertama bulan Mei. Nah, momen tersebut saya gunakan untuk mengunjungi akuarium di Suma!
Suma Aqualife Park entrance

Kenapa saya pilih ke Suma?
1. Karena dekat. Naik kereta cuma 15menitan dari Sannomiya. Naik JR cuma abis 360yen PP Sannomiya-Sumakaihinkoen.
2. Karena masuknya gratis buat mahasiswa asing Kobe University menggunakan kartu sakti yang namanya Happy Memory Pass (mungkin nanti akan saya bahas di posting terpisah). Untuk tahu biaya masuknya berapa, mungkin bisa langsung cek: Detail information, ticket fare, opening hours, you can visit this web here
kartu sakti buat dolan
Happy memory pass (atas) Mahoroba pass (tengah) Hyogo Cultural Pass (bawah)
minta di kampus nih kartu-kartunya

3. Karena menurut beberapa teman, akuarium ini lebih bagus daripada Kaiyukan di Osaka yang terkenal itu. Saya sendiri belum pernah ke Kaiyukan, well, let see...
4. Karena ada pertunjukan lumba-lumba!!

Gimana? pingin tahu? Baca terus yuukk

Jadi untuk menuju tempat ini, kita bisa naik kereta JR dan turun di stasiun Sumakaihinkoen. Dari situ, jalan ke selatan sekitar 7 menit (ngga usah takut kesasar karena jalannya lurus aja kok) dan sampailah kita di Suma Aqualife Park!

Detail information, ticket fare, opening hours, you can visit this web here

Saya udah lama banget enggak ke akuarium, terakhir mungkin udah 15-20tahun yg lalu (tua banget saya yak?^^), jadi rasanya seneng banget begitu masuk. Suasananya yang gelap dengan jendela-jendela akuarium yang biru bikin saya semakin senang.

Big aquarium!


So many visitors during national holiday. Most of them are children with their family

dalam mengambil foto, kita harus perhatikan aturannya. Karena ada beberapa kolam yang tidak boleh difoto dengan flash, bahkan ada yang tidak boleh di foto sama sekali, demi menjaga kenyamanan si hewan


Banyak koleksi hewan laut disini dalam akuarium-akuarium kecil yang terpisah. Ada juga akuarium yang besar. Tapi di tempat ini saya ngga menemukan giant aquarium semacam di Dubai, atau semacam di Kaiyukan (katanya ada).

Dory!!


Can you spot the animal inside this aquarium?

Kraken!!!
makhluk laut primitif

Mengintip bagian belakang dari akuarium-akuarium cantik

Suma Aqualife Park ini terdiri dari beberapa bangunan yang berisi akuarium-akuarium dengan tema-tema tertentu
Saya ngga begitu ngerti pembagian sektor kolamnya sih (soalnya pake bahasa Jepang)

Disini bisa liat pertunjukan ngasih makan ikan kalo ngga salah, tapi kami datang di waktu yang ngga pas dengan shownya

bisa liat adegan ngasih makan, mungkin pengunjung bisa partisipasi juga?
Section mana yang paling saya suka? Section aquarium ubur-ubur!
video
video

Bagus banget ubur-uburnya, futuristik banget penampilannya.

Sebenernya di Suma Akuarium ini ada akuarium yang besar dan melingkar, jadi kita kayak masuk terowongan akuarium gitu, kayak di Seaworld Jakarta gitu, sayangnya saya ngga sempet memasuki semua section akuarium dan ngga menemukan section itu karena saya dan teman-teman mau mengejar atraksi lumba-lumba yang terkenal di sini!
sayang belum sempet ke terowongan akuariumnya
Atraksi lumba-lumba yang terkenal di Suma!
Jadwal Dolphin show nya

Durasi shownya sebenernya sangat singkat, cuma 10 menit aja, tapi yang nonton rameeeeeeee bangeeeeeet.
Karena semua orang pingin liat dolphin live!
Semua pengunjung bebas memilih tempat duduknya dalam show ini, sehingga penting bagi para pengunjung untuk bersiap-siap di lokasi sejak jauh sebelum jam shownya dimulai, biar bisa dapet tempat duduk yang pas.  Buat yang suka tantangan dan suka basah, bisa memilih tempat duduk paling depan. Untuk saya dan teman saya yang ngga mau rempong karena basah, kami pilih tempat duduk di lajur tengah. dan kami sudah nongkrong disitu sejak show yang terakhir berakhir, karena khawatir ngga dapet tempat yang pas saking ramainya lokasi!

 Sebelum show dimulai, akan ada petugas yang berkeliling menjual souvenir dan --yang paling penting-- jas hujan. Buat apa? karena yang duduk di barisan paling depan bakal basah kuyup kalo ngga pake proteksi apa2. Boleh kok bawa jas hujan sendiri, tapi buat yang ngga bawa, bisa beli di abang2 dan mba2 di dalam lokasi ini. Sekalian buat souvenir. Hahaha

mba MC menjelaskan sedikit tentang hewan "lumba-lumba" dan pentingnya pake jas hujan di barisan depan
sisa penjelasannya, saya kurang paham. hahahaha!

video

Secuil pertunjukan dolphin yang saya abadikan dengan kamera hape saya. Shownya cukup singkat, tapi seru. Abang2 dan mba2 pawang lumba2nya juga cantik dan cakep lho kalo dilihat dari dekat. Mereka menyajikan atraksi lumba-lumba yang berbeda-beda di tiap jam show. Kadang ada yang banyak atraksi lumba-lumba melompat, ada atraksi cium pipi penonton, dan lain-lain. Sebenernya show dolphin sebelum jam yang saya tonton ini, atraksinya lebih dahsyat. Sayangnya, saya cuma kebagian ending dari show sebelumnya. Yang pasti saya senang sekali bisa nonton atraksi ini, bikin kangen jaman cilik!

Alright!
Sudah sampai Suma, jangan lupa berkunjung ke pantainya!
Suma Beach!
Saya rasa ngga ada pantai yang lebih indah daripada pantai di Indonesia. Tapi Suma beach worth visit lho. Pantai ini memanjang--dan cukup panjang--dengan pesisir pantai yang tidak landai, jadi agak dalem gitu. Tapi bisa kita nikmati kok. Nggak sedikit pasangan yang asik berduaan di pinggir pantai ini, ada juga sekelompok cewek-cewek keren yang photo-shoot di pinggir pantainya.


Senja di Suma


Pesan saya cuma satu, kalo maen air jangan pas musim semi ya, airnya dingin banget!
Genk jalan-jalan saya


Terakhir, kalo laper, bisa mampir ke warung Kappa Sushi yang menyediakan sushi lengkap dengan conveyer belt dengan rate harga 100Yen aja. Jalannya emang agak jauh, but worth visit lah. Heheh




Mau coba?
Yuk main ke Kobe!

You Might Also Like

0 comments

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!