Jelajah Hutan: Hutan Pinus di Imogiri, Yogyakarta

9:01:00 PM

Mari kembali berpetualang!!

Setelah putar-putar melihat Jepang sekarang kita coba kembali mengelilingi kekayaan alam di Indonesia!

Kota Yogyakarta terkenal sebagai kota tujuan wisata. Mengapa? Karena lautan destinasi wisata yang bisa kita nikmati. Mau wisata budaya, wisata pendidikan. sampai yang paling kita sukai, wisata alam. Pantai udah pada kenal, gunung juga uda terkenal, sekarang saya akan mengenalkan destinasi wisata yang menarik, murah meriah, nyaman, indah, dan mudah di jangkau, Hutan Pinus Mangunan di Imogiri, Bantul, D.I. Yogyakarta!


Hutan pinus ini letaknya di Imogiri, Bantul. Bisa di capai melalui ringroad selatan, telusuri arah menuju makam Imogiri hingga bertemu pertigaan yang kearah Mangunan. Atau bisa dicapai dari Jalan Yogya-Solo, kemudian berbelok ke arah Wonosari. Beberapa meter setelah gerbang masuk Gunung Kidul, tepatnya dekat kantor polisi Pathuk, ambil belokan ke kanan. Bingung? Hahahaha, saya emang rada buta arah, mohon maaf ngga bisa pake arah mata angin. Mending di googling aja ya location nya.

Sampai di daerah ini sebenernya ada dua hutan pinus, yang satu bertajuk Puncak Pinus Becici, yang saya kunjungi ini bertajuk Hutan Pinus Mangunan. Letaknya cukup dekat. Sekarang saya akan membahas Hutan Pinus Mangunan.

At the entrance gate
Kawasan Hutan Pinus ini terletak di pinggir jalan utama, berseberangan dengan tempat parkir, mushola, dan toilet, jadi ngga usa khawatir tempat parkir yang jauh, toilet yang tidak terjangkau, dan sebagaimacamnya.




ADA APA DI KAWASAN WISATA INI?

ADA HUTAN PINUS!






Kawasan wisata ini ngga terlalu luas, tapi bener-bener memuaskan mata kita. Sepanjang mata memandang, ada hamparan pohon pinus yang menjulang, redup dan indah. Lokasinya bersih, terjaga, dan terawat dengan baik. Untuk mengelilingi kawasan ini ngga perlu gear mendaki yang profesional, saya aja cuma pake sandal karet bisa keliling-keliling hutan pinus ini lho.

Bersih, nyaman, dan indah

Cocok untuk nongkrong sambil menikmati keindahan alam

BISA NGAPAIN AJA DISINI?

Jawabannya: BANYAK.
Lokasi ini cocok sekali untuk melakukan photoshoot baik untuk prewed, atau sekedar untuk koleksi gallery kita sendiri. Buat penyuka fotografi, tempat ini cocok sekali. Untuk yang berkeluarga, tempat ini bisa dimanfaatkan untuk piknik, asal tetap ingat untuk membuang sampah pada tempatnya! Yang ingin bermalam, ada persewaan tenda untuk bermalam. Kalo yang sekedar pingin tiduran menikmati alam, bisa sewa hammock seharga 10000 yang ada di lokasi ini. Yang jelas tempat ini nyaman untuk kita menikmati alam secara praktis

Banyak sekali bangku-bangku yang bisa kita manfaatkan untuk berkumpul dan bersantai

Bisa main ayunan. Cocok juga untuk photoshoot nih
Hammock disewakan seharga 10000 disini. Untuk tenda, silahkan bernego dengan bapak persewaannya
Untuk pengalaman yang sedikit lebih ekstrem, kita bisa memanjat gardu pandang yang terletak di beberapa titik di kawasan ini. Dari gardu pandang, kita bisa mendapatkan pemandangan daratan yang lebih rendah, which is sooo beautiful!

Gardu pandang seperti ini banyak tersebar di Hutan Pinus ini. Ada yang dua tingkat seperti di gambar ini, ada pula yang hanya satu tingkat. 

Aman nggak ya? Insya Allah aman.

Pengelola sudah memberi batasan, untuk lantai atas maksimal 3 orang dan untuk lantai bawah maksimal 5 orang.
Selama kita patuh pada peraturan, insyaAllah selamat.

Saya pun mencoba menaiki gardu pandang ini
climb climb climb

Karena sewaktu saya memanjat lantai atas penuh, maka saya hanya berkesempatan nongkrong di lantai bawah ini.

A view from the top

Nongkrong plus selfie 

Gardu pandang ini bagus dan sangat terawat. Sebagai pengunjung yang baik, jangan lupa meninggalkan tip untuk perawatan.

Pengelola membatasi waktu bagi yang menaiki gardu pandang hanya terbatas maksimal 10 menit.
Bukannya pelit, supaya pengunjung kebagian kesempatan untuk menikmati indahnya gardu pandang ini.
Ada kotak semacam kotak sumbangan di setiap gardu pandang. Kotak ini untuk mengumpulkan dana bagi perawatan gardu. Ngga ada salahnya kok untuk nyumbang selembar dua lembar untuk kemaslahatan wisata nusantara

Tempat ini oke banget dan cocok banget buat temen-temen yang ingin menikmati alam dengan suasana hutan tanpa harus mendaki medan yang berat. Termasuk yang ingin membuat foto-foto keren, bisa berkunjung kesini. Menurut saya kawasan hutan pinus ini ngga kalah menarik dibandingkan dengan Arashiyama, komplek hutan bambu di Kyoto. 

HARUS KELUAR UANG BERAPA UNTUK KESINI?

Tenang aja, ngga bakal bikin kantong kering. Siapin aja uang untuk bensin, bekal, sewa hammock dan dana perawatan gardu seiklasnya, serta uang retribusi masuk.

terjangkau kan??

Ayok kita berwisata!!

You Might Also Like

2 comments

  1. Bagus ya hutan pinus nya. Kalo naik diatas rumah pohon hati hati jatuh..

    ReplyDelete
  2. Keren banget ya! Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus Imogiri memang lagi naik daun, obyek obyek wisata di wilayah imogiri memang banyak bermunculan. Beberapa destinasi lain selain hutan pinus imogiri yang patut anda kunjungi :

    http://paketwisatayogyakarta.com/5-wana-wisata-jogja/

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!