Yuk mampir main ke FKY: Festival Kesenian Yogyakarta 2015

9:09:00 PM


As usual, lama vakum ngga nulis, sekarang saya kembali lagi! Kalo dulu alasannya karena sibuk kuliah atau sibuk koas, sekarang saya sibuk cari uang. hehehe. Nggak cuma karyawan aja, dokter umum sekarang juga sulit lho cari kerja, apalagi cari kerja yang beban kerja dan gajinya sesuai. Believe it or not.

Okey, sibuk bekerja, jadwal jaga yang padat, ngga ada teman main, lama-lama bikin saya bosan juga. Butuh refreshing yang ngga sekedar liat mall, karaokean atau makan mewah. Akhirnya saya putuskan untuk main ke Festival Kesenian Yogyakarta atau disebut FKY! Lebih dari 17 tahun saya tinggal di Jogjakarta, tapi baru kali ini saya main ke FKY! Apa sih FKY?

FKY atau Festival Kesenian Yogyakarta adalah acara tahunan dan tahun ini merupakan gelarannya yang ke 27 (ternyata saya sudah melewatkan 26 kali festival ini seumur hidup saya!). Tahun ini FKY mengambil tempat di Taman Kuliner Condongcatur sebagai titik utamanya, tempat menggelar berbagai macam bazar dan panggung kesenian, berbeda dengan tahun lalu yang mengambil lokasi di pasar Ngasem. Tapi, rangkaian acara tidak hanya berlokasi di situ saja, berbagai macam pawai, kesenian, dan pertunjukkan juga dilakukan di beberapa titik seperti jalan Kaliurang, Jembatan Sardjito, Sasana Hinggil, bioskop Permata, sampai gedung DPRD. Tema yang diusung FKY kali ini adalah "Edan-edanan" yang artinya "gila-gilaan". Mau tau seberapa gila? Liat aja agenda acara mereka yang "gila" ini:

Jadwal acara yang lumayan padat. Mulai dari pawai, panggung seni, sampai pemutaran film.
Lihat lebih detil disini

Memasuki arena FKY di taman kuliner (tamkul) concat, kita akan langsung disambut oleh pintu masuk bergaya "edan-edanan". Melewati deretan parkir motor, kita langsung akan disambut dengan berbagai macam stand dan arts performance tentu saja.

Gerbang masuk FKY yang dipadati pengunjung yang pingin selfie


Rame!

Salah satu performance yang menyambut kami di area dekat pintu masuk.
Sekelompok anak kecil yang memainkan beranekaragam alat musik.
Nggak perlu panggung megah, cukup spot kosong, lighting, dan sound system
Musiknya sendiri saya kurang tertarik, maklum, masih anak-anak
Starting with the art performance.
Dalam arena FKY di tamkul concat ini, art performance dapat kita nikmati tidak hanya di satu panggung saja. Ada lebih dari tiga panggung performance yang menampilkan musik dengan aliran yang berbeda-beda pula! Salah satunya performance anak-anak yang sudah saya post fotonya tadi. Yang lain pun ngga kalah menarik lho! Let's check this out:

Arena ini disebut panggung senyap. Kenapa di sebut panggung senyap? Let's see..

Perhatikan para penontonnya.
Ternyata, untuk menikmati musik di arena panggung senyap ini penonton harus memakai headset/headphone yang sudah disediakan panitia. Alias kalo nggak pake alat ini, ngga bakal kedengeran musiknya sama sekali, alias senyap, bro!
Saya yang berdiri diluar arena pun cm bisa mendengar suara layaknya bisik-bisik. Senyap banget!

Karena butuh alat, penikmat arena ini terbatas hanya sejumlah headset/headphone nya. Musik yang disajikan disini agak jazzy, jadi cocok dinikmati dengan perlengkapan sound yang bagus dan dekat di telinga.

Panggung ini letaknya di dekat food section. Mereka memainkan musik-musik blues disini


Ini adalah panggung utama FKY 2015 yang terletak di area tengah Tamkul Concat. Saksikan salah satu penampilan grup rapper dengan bahasa Jawa di video berikut:
video



Selfie didepan panggung utama dulu doonk


Panggung kecil ini diisi dengan musik akustik. Bisa request lagu lho. Contohnya mas ini yang minta diiringi nyanyi.

Didepan setiap panggung akan ada sebuah kotak bertuliskan "Koin Apresiasi", disini kita bisa memberikan donasi kepada performer yang tampil di panggung tersebut.

Nggak cuma seni musik aja, ada pula seni peran yang diwakilkan oleh para patung hidup ini. Give them some money,if you want to see how they react.

Human statue



Selain bazaar ada juga workshop. Contohnya workshop yang satu ini. Workshop sablon (nggak tahu sebutannya apa ya?)

Paint... paint... paint 
 Yang ngga kalah rame yang jelas adalah stand bazarnya. Stand bazar terbagi menjadi crafts section dan food section! Barang yang dijual disini pun sangat variatif. Mulai baju bergaya distro, hingga yang tradisional, aksesories mulai dari tas, sepatu, hingga yang imut-imut seperti gelang. Jangan khawatir soal harga, karena masih terjangkau. Bahkan menurut saya, beberapa item dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan pameran di mall! Item yang dijual pun unik-unik, seperti tas dari kain goni, gelas unik, buku unik, dan segala macam keunikannya.

Area Bazaar yang ramai dengan suasana yang romantic. Nggak heran banyak banget yang foto di area ini
Saya pun tertarik untuk ikut berpose di kawasan bazaar kerajinan ini.
Maaf ya, mukanya disembunyiin dulu, maklum, kucel banget, abis jaga langsung maen sih.
Untuk area makanan pun variatif menunya. Mau cari jajanan ringan seperti sosis bakar, tahu gejrot, makanan berat seperti nasi gudeg, ayam geprek, pasta, atau mau cari desert seperti ice cream in a pot, semuanya ada!
Deretan stand di area makanan

Ice cream in a pot
Buat yang suka foto-foto aja, dekorasi di FKY ini cukup menarik. Bukan sesuatu yang mewah dan heboh, tapi cukup manis di tengah arena yang penuh kreativitas ini.



Selfie dulu ah...
Memang arena FKY ini ngga terlalu besar, meskipun lebih besar dibanding arena yang dipakai tahun lalu (menurut adik saya nih), tapi isinya cukup padat berisi. Nggak heran jika pengunjungnya buaaaanyyaaaaakk seekaaliii... bahkan di weekdays sekalipun! Bahkan saya dan adik saya terjebak dalam keramaian semenjak dilokasi parkir, meskipun kita memutuskan untuk pergi di weekdays dengan maksud menghindari keramaian. Panggung hiburannya punya performance yang variatif yang bisa kita pilih untuk dinikmati sesuai kesukaan. Semuanya secara gratis, cukup berikan donasi semampunya aja untuk para seniman ini. Dekorasinya pun juga ngga terlalu overwhelming.

Overall, saya merasa cukup terhibur dengan FKY ini. Mata terhibur, perutpun terhibur. Yang nggak kalah penting, dompet nggak sampe tipiss laaaahh. Itu baru namanya hiburannya kota jogja!

Mungkin lebih menarik lagi jika kita menyempatkan diri nonton pawai-nya FKY ini atau nonton penutupannya yang pasti meriahnya, sayangnya saya sudah ngga punya waktu kosong lagi buat main ke FKY. Mungkin masih banyak lagi agenda menarik dari FKY yang tidak sempat saya kunjungi. Meskipun cuma kunjungan sesaat, tapi saya cukup terhibur.

Kalo taun depan gimana? Pastilah main ke FKY lagi :)


P.s. Mohon maaf kalo kualitas fotonya ngga bagus, maklum, amatiran. Foto ini hanya untuk keperluan dokumentasi saja kok

You Might Also Like

0 comments

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!