Looking Back 2013: Dance. Dress. Doctor

11:54:00 PM

Akhirnya sampai di penghujung 2013! Sebenernya saya masih utang satu lagi tulisan ttg Tom Hiddleston tercinta, tapi berhubung momennya lagi tepat banget untuk review taun ini, jadi saya putuskan untuk melakukan review tahun 2013 versi saya!

Banyak sekali yang terjadi selama tahun 2013, tapi kalo di resume, sepertinya cuma berkisar antara mesin jahit, panggung, dan rumah sakit :D maklum, masih masa ko ass sih :) Yuk mari review dulu:

JANUARY

Kelompok seperjuangan :D

Awal tahun 2013 ini diawali dengan stase Ophtalmology atau departemen ilmu penyakit mata. Yang paling berkesan, jelas soal pembimbing kelompok kami yang (menurut kami) kurang pandai membimbing. Setiap hari pasti menjadi bulan2an di kelompok kami. Tapi alhamdulillah banget ujiannya ngga banyak menemui kendala. Stase ini kemudian ditutup dengan kunjungan ke sebuah sekolah luar biasa. Disana kami bertemu Justin Bieber KW! hahahaha.

Justin Bieber KW (hahaha)
Volunteer dari Germany

Autopsy or butcher?
Setelah itu berlanjut ke stase Forensik. Tiada hari tanpa nonton film dan bersenang2. Hahaha! Sewaktu stase ini kegiatan yang paling menarik justru adalah persiapan untuk lomba dance bulan depan. Jadi, ceritanya saya menemukan perlombaan dance cover Kpop di sebuah mall bergengsi di Surabaya yang diselenggarakan oleh brand kosmetik asal Korea yang ternama. Setelah tahun 2012 lalu berhasil mendapat juara di ajang dance cover Jepang, rasanya ngga ada salahnya utk "step up the game a little bit" :D so, i decided to apply for the competition. Dan saya berhasil membentuk Tim Dance yang paling menyenangkan untuk diajak kerja sama! This might be the biggest achievement this year! Mereka-mereka inilah yang membantu saya menwujudkan apa yang belum bisa saya wujudkan selama 4 tahun terakhir setelah lulus SMA. Dan menemukan mereka seperti menemukan diamond ditengah padang pasir :D

Sepanjang sisa bulan Januari saya kemudian tenggelam dengan jadwal latian yang padat, sampai2 harus "lari" dari rutinitas weekend di Forensik (departemen ini satu2nya yang punya jadwal dari senin-minggu)

FEBRUARY
Awal februari saya masih di stase Forensik dan sedang bersiap menghadapi dua ujian: Ujian stase Forensik dan ujian kesiapan di atas panggung sebagai tim dance alias si kompetisi dance itu tadi! :D Alhamdulillah diberi kemudahan di ujian Forensik.

Teaser kami untuk mencari dukungan
Pertengahan Februari mulai pindah ke Departemen Kulit dan Kelamin. Di sini jadwal sangat tight. Dan yang ngga saya duga sebelumnya adalah ternyata salah satu anggota tim dance saya adalah putrinya senior di departemen ini! Jadilah kisah heroik saya mengikuti lomba dance ini menjadi tersebar seantero departemen. Bukan cuma karena saya satu2nya "Ko Ass yang menari" tapi juga lebih karena "ada anaknya senior" :D.


Meddance in ETUDE Time 3 Surabaya: Kpop Dance Cover Competition
Various concept, costume, and surprise
Lomba dance ini diselenggarakan selama 3 hari berturut2, yang saya luput adalah ternyata sistem lomba dance ini menggunakan sistem audisi, penyisihan, dan final. Sementara saya dan tim hanya menyiapkan satu buah koreografi yang telah dipersiapkan selama satu bulan! Pertanyaannya, saya harus menyuguhkan apa nanti di babak penyisihan dan final kalo persiapan kami cuma untuk audisi??? Disinilah tantangan kami sekaligus keajaiban kami! Karena Juri menginginkan variasi dari tiap performance, jadi kami terpaksa menggodok bbrp koreo baru untuk performance hari berikutnya. Jadi, begitu kita dapat kabar kalo kita lolos audisi, semalaman kita langsung berkumpul dan latihan semalem suntuk untuk performance hari esoknya (antara audisi dan babak penyisihan ada jarak 1 hari). Konsep, kostum, dan koreo berusaha kami perbarui semalam suntuk. Walaupun hasilnya jauh kualitasnya dibanding Konsep audisi kita yang sudah dilatih selama 1 bulan, tapi VOILA! kami mendapat posisi di ajang FINAL! Sayangnya trik yang sama tidak berhasil di terapkan di ajang Final. Kami berusaha menggodok konsep, kostum, dan koreo yang baru lagi, tapi hasilnya cukup menyedihkan :D but whatever, this is a big achievement for me. Apalagi kami sempat dapat pujian soal konsep, kostum, make up dan saya pribadi sempat mendapat komen positif dari Juri yang tentu bikin saya hepi :DD Kami cuma amatiran yang berhasil menyingkirkan belasan pesaing yang sudah malang melintang di ajang Kpop dance cover. That's big achievement.
Konsep face painting ala alien yang dapet pujian juri
 (untuk lihat penampilan audisi kami klik disini: Audisi ETUDE Meddance)(untuk lihat penampilan Semifinal kami klik disini: Semifinal ETUDE Meddance )

Me and surprise from
best friends
Akhir bulan Februari ditutup dengan ulangtahun saya dan temen satu kelompok saya, Stella, yang sama2 berulangtahun di hari yang sama! Kue tartnya enak dan rasanya menyenangkan merayakannya bersama teman seperjuangan meskipun cuma dirayakan di kamar jaga :D Malemnya, dapet kejutan lagi dari temen2 terdekat. It is lovely having best friends around you






MARET
Ini bulan terberat menurut saya. Gimana nggak, setelah melewati stase Kulit dan Kelamin, langsung berlanjut dengan stase Bedah yang lebih padat acara, ilmunya lebih berat (menurut saya), staf pengajar yang killer, dan jadwal jaga yang kurang (bahkan) tidak manusiawi. Karena kelompok kami orangnya sedikit, jadwal kami jadi padet sekali. Kalau biasanya satu sub departemen bedah berisi 5-7 orang, sewaktu putaran kami, isinya cuma 1-2 orang, artinya, bebannya juga 2x lipat :D Bahkan kondisi fisik saya sempat drop. Selama seminggu saya flu berat. Bahkan sempat jaga IRD dengan suhu badan nyaris 39derajat celcius. Sempat mangkir dari tugas jaga di ruang operasi karena panas ngga kunjung turun. Untung nggak sampe mimisan. Dan di stase ini saya bener2 ngga bisa nyambi termasuk ngedance kaya di stase sebelumnya.

APRIL
Masih di stase bedah (Stase ini lamanya 2 bulan). Untungnya di pertengahan periode kami mendapat bantuan tenaga. Junior kami sudah mulai memasuki masa ko ass, jadi jumlah yang tadinya cuma 1-2 orang, sekarang lengkap jadi 5-7 orang. Sayangnya jadwal jaganya tetap ngga dirubah --; untungnya badan saya sudah adaptasi, jadi sepanjang akhir masa kerja saya di departemen ini saya nggak drop lg. Bahkan ujian saya diberi kemudahan dan akhirnya bisa lolos dengan nilai yang cukup memuaskan :D

MEI
bittersweet competition :p
Sempet foto sama
tim juara (foto yg tengah)
Salah satu anggota tim pemenang itu
bakal jadi juri kompetisi kami
berikutnya
Akhirnya melewati stase bedah dan beralih ke departemen Anak atau Pediatri. Minggu awal di departemen ini kembali saya habiskan dengan "nyambi". Udah gatel banget 2 bulan ngga bisa "berkarya". Kebetulan ada kompetisi dance cover Kpop lagi (selalu ngincer lomba dance cover gara2 ngga punya pelatih untuk ngedance "beneran") di mall yang sama, walau dengan penyelenggara yang berbeda. Pelajaran yang saya petik dari kompetisi ini adalah jangan tinggi hati dan jangan sepelekan yang namanya latian dan persiapan :D Kenapa? Karena keputusan ikut lomba ini dilakukan 3 hari sebelum kompetisi. Alias, latiannya juga cuma 3 hari. Memang materi koreo banyak yang mengambil dari kompetisi sebelumnya jadi ngga masalah, tapi konsep tetep kami ubah. Sayangnya konsep diubah tanpa didukung persiapan kostum yang matang. Semua gara2 pemikiran, "halah, bisa-bisaaaa" *nadameremehkan. Akhirnya kami kalah dan cukup menyakitkan, karena Juri ternyata ngga sepaham dengan kami bahkan ngga suka dengan kejutan yang kami bawa dalam konsep kami! Menurut kami, tim dengan penampilan lebih buruk malah menang. Bahkan tim yang hanya menggunakan 40% konten lagu korea justru menang. Di satu sisi saya mengakui bahwa kami terlalu meremehkan dan tinggi hati, tapi di satu sisi juga berpikir apa jurinya gilaa?? ini dance cover kpop apa bukan siiihh?? Walaupun pemenang utamanya ya si tim yang menang di lomba bulan Februari itu. Mereka memang ahli di bidang ini..
(untuk lihat penampilan kami, klik di sini )


JUNI
 Departemen Pediatri ini memang cukup berat. Untungnya saya bisa adaptasi dengan cepat, jadi ngga pake acara drop kaya di bedah dulu. Bulan ini ada kabar gembira. Salah satu sahabat kentel saya akhirnya mengakhiri masa lajangnya. Saya sih gembira, tapi sekaligus miris kalo melihat diri saya yg masih jomblo gembira dibanding sobat saya yang bahkan sudah menikah! well, jodoh cuma Tuhan yang tau sih. Tapi tetep ada achievement buat saya. Untuk acara akad nikah ini, saya menggunakan baju buatan saya sendiri (walaupun sebenernya ini baju darurat gara-gara ngga punya baju). Styling dan makeup juga saya lakukan sendiri :D
Akhir bulan ditutup dengan ujian OSCE Pediatri yang alhamdulillah walaupun saya ngerasa kurang lancar, tapi ternyata hasilnya not bad :D
take a peek of my unfinished project :p
Saya juga sempat mengerjakan proyek untuk video Youtube baru saya sebagai hadiah karena sudah mencapai 3000 viewers utk video terdahulu saya, sayangnya proyek itu terhenti dan sampe sekarang masih belom selesai :D



JULI


Remembering the "dark" days :p
snapback "dude" :p
Bowler punk..??

Departemen Anestesi adalah yang berikutnya. Bulan ini cukup "nganggur" sih. Walaupun jadwal jaga juga lumayan padat, tapi lg sepi proyek dan sepi occassion, jadi ya santai aja. Saking santainya saya sampe kepikiran untuk jualan snapback dan topi bowler. Bulan ini ditutup dengan ujian stase Anestesi dimana saya benar2 beruntung mendapat penguji yang super golden dan foto kelompok!
ala Grey's anatomy

sangar, heh?

AGUSTUS
celana "iamme"
Bulan ini diisi dua stase, Farmasi dan Radiologi yang panjangnya masing2 2 minggu. Ditengahnya sempat diselipkan libur lebaran. Untungnya kami ada di stase yang ngga ada jadwal jaganya, jadi bisa libur total! Ditengah bulan ini saya bahkan sempat jualan lagi saking "nganggur"nya (nganggur artinya ngga ada proyek utk disambi). Kali ini saya jual celana dance model iamme yang di populerkan oleh Chachi Gonzales dari tim Iamme di ajang America's Best Dance Crew. Celana ini nanti akhirnya jadi signature kami di proyek berikutnya.

Akhir bulan ini ditutup dengan berpindah ke stase terakhir, Stase Psikiatri, serta perkenalan dengan 4 ko ass dari Kobe, Jepang yang membawa saya pada petualangan berikutnya :D

SEPTEMBER
Ini adalah bulan yang cukup sibuk. Bulan terakhir sebagai Koass! Bulan september ini kembali ada proyek! tengah bulan ini ada lomba dance cover Kpop lagi. Tapi kali ini saya membawa tim yang berbeda, namanya tim senior. Soalnya yang ikut lomba adalah dedengkot-nya tim meddance, yaitu saya dan dua orang teman seangkatan saya. Kami angkatan paling tua, makanya namanya senior. Haahahaha. Kali ini persiapan kami lagi2 nggak mateng. Bukannya meremehkan, tapi karena saya terlalu sibuk sama 4 kawan sejawat dari Jepang itu! Mereka orang2 Jepang pertama yang berbahasa inggris dengan sangat baik dan benar. Makanya rasanya menyenangkan ngobrol sama mereka. Walau kadang kami bicara bahasa Jepang juga. Yang lebih menyenangkan adalah ketika saya pura2 ngga bisa bahasa Jepang padahal saya ngerti mereka lagi diskusi apa dalam bahasa Jepang. Hahahaha, itu sangat menyenangkan :D mengetahui isi pikiran mereka secara diam2. Bukannya saya mempersiapkan lomba itu, saya malah ribut ngajak mereka jalan2, mulai dari keliling Jogja, sampe karaokean! Sempet capek banget sih jd guide buat mereka selama di jogja, but it was FUN!
Alhasil, kalah lomba (lagi). Emang saingannya bener2 tim Kpop dance cover yg udah berpengalaman sih --; sedangkan kami amatir banget.

Full team
Akhir bulan ditutup dengan proyek lagi! Ceritanya di fakultas kami sedang ada perayaan 1 abad pendidikan dokter di surabaya, salah satu agendanya adalah malam penggalangan dana untuk acara bakti sosial. Nah, tim kami didaulat untuk menjadi pengisi acara dalam acara tersebut. Kontraknya sudah kami terima sejak bulan Agustus, jadi persiapannya sudah cukup lama sih, sebenernya sejak bulan Agustus. Hasilnya? Selain desain panggungnya yang berubah gara2 si Bintang tamu, penampilan kami sudah oke. Apalagi konsep kali ini menggambungkan kecak dengan modern dance :D (untuk lihat penampilan kami, klik di sini )
Para reguler saya :D

Terakhir sekali di bulan ini adalah "ngunduh mantu"nya Sobat saya yang sudah menikah bulan Juni lalu. Another achievement here. Pertama kalinya saya menghadiri acara resmi dengan kebaya buatan sendiri :3 walaupun dalam proses pembuatan baju ini bener2 penuh keringat, darah, dan air mata *lebay (baca lengkapnya di sini )

Yang sangat saya syukuri adalah meskipun saya sibuk ini itu, kesana kemari, untungnya ujian Psikiatri dapet penguji golden dan langsung "selamat" :D


OKTOBER
Lulus yudisium! yeay!
Akhirnya hidup saya sebagai Koass sudah berakhiiiiiiiiirrrrrrrrr!! Diawali dengan yudisium kami dimana saya dinyatakan lulus sebagai koas! YEAY!

Bulan ini isinya cuma proyek, proyek, proyek. Yang pertama: proyek buku angkatan! Tim senior meddance harus diabadikan dong pastinya. Jadi kami bikin photoshoot untuk buku angkatan kami :D. Yang kedua: proyek video dance! Masih ingetkan saya gagal bikin video baru untuk channel youtube saya? Akhirnya saya beralih bikin video untuk channel youtube tim kami. Awalnya karena saya merasa sangat
Meddance tim senior di buku angkatan :p
ditengah proses shooting part2
cinta dengan konsep yang kami pake di lomba bulan Februari itu, konsep yang mengubah sejarah dance saya selama tahun 2013 ini. Saya merasa perlu mengabadikannya sebelum beralih. Videonya terdiri dari dua part, sayangnya yang part kedua belum bisa diluncurkan lantaran file videonya ada di tangan salah satu anggota tim dan belum diserahkan ke saya (bahkan sampe sekarang!).
Lihat Part pertama video kami

Yang terakhir adalah: proyek lulus UKDI (Uji Kompetensi Dokter Indonesia). Hahaha, rada epik nih. Bulan ini ada Try Out UKDI, ada belajar bareng untuk persiapan UKDI, pendaftaran pembekalan UKDI. Segala sesuatu berbau soal2 UKDI. Untungnya masih dalam kadar yang normal.
Terakhir bulan ini ditutup dengan pulang kampuuunnggg!!! Masih dalam suasana persiapan UKDI sih, tapi tetep bisa maen2 dongs! Bahkan saya sempet menyaksikan secara langsung Kirab Ageng yang terakhir di Jogja! Viva saya! (baca kisah Kirab Ageng disini )

NOVEMBER
pasca ujian UKDI
Ini bulan paling menegangkan. UKDI dilaksanakan bulan ini. Kondisi saya sudah sampai tahap intoksikasi soal2 UKDI waktu itu. Sekembalinya saya ke Surabaya, tiada hari saya habiskan tanpa membahas soal2 UKDI. Bisa di kampus, perpus, sampe di foodcourt mall. Biasanya dari pagi jam8 sampe malem jam8-9. Begitu selese UKDI, rasanya legaaaaaaaaaaaaaaahhhhhhhhh banggeeeeeeeeeeeeettttsssssss. Apapun hasilnya yang penting sudah maksimal usahanya.
Chocodays 2012-2013
Lomba karaoke-dance cover (atas)
Lomba fashion (bawah-
yg tahun ini saya diwakilkan :p)
Yang bikin bulan ini lebih menegangkan lagi adalah: masih inget event Chocodays? Yang tahun lalu saya ikuti sendirian itu? (baca disini). Bulan ini tiba2 muncul pengumuman bahwa tgl 6-7 Desember nanti bakal ada event chocodays lagi! Parahnya, event tahun ini ada lomba dance cover Jpop-nya (tahun lalu ngga ada ajang ini, sehingga saya terpaksa ikut lomba karaoke walaupun sambil ngedance, sok2 agnes monica nih :p)! Walau diselimuti perasaan tegang UKDI, saya tetep bersikeras mempersiapkan tim untuk event ini jauh2 hari!
Akhir bulan ini ditutup dengan foto-foto dan persiapan untuk pelantikan dokter.








DESEMBER

Chocodays Style: Makeup and Wardrobe by me :p
Inilah ending dari segala ending Tahun ini :D tanggal 7 Desember kami maju lomba di event chocodays di salah satu mall bergengsi di Surabaya! untuk lomba ini cukup epic persiapannya. Pertama, karena saya ngga bisa rutin latihan akibat persiapan UKDI yang menyita waktu dan tenaga. Kedua, junior2 saya di tim juga ngga bisa latian rutin, karena mereka ada proyek dance untuk acara internal kampus! Walaupun konsep sudah disiapkan jauh2 hari, tapi porsi latihan kami yang kurang maksimal sempat membuat saya senewen sendiri. Karena diajang ini saya ngga pingin meremehkan seperti ajang2 terdahulu, belajar dari kesalahan gitu lho :p Yang ketiga adalah partner in crime saya, Nikita, mendadak ngga bisa ikut partisipasi sebagai makeup artist kami. Alhasil, saya harus mengerjakan makeupnya sendiri. Yang keempat adalah kostum. Saya membuat sendiri kostum kami ber5. Another Achievement! Tapi sempat tidak puas dengan pemilihan kain yang salah, kancing yang hilang, dan hasil akhir yang tidak sebagus desain awalnya :(
taken from Chocodays Official Facebook page
I do not own the rights
taken from Chocodays Official Facebook page
I do not own the rights
Yang lebih epic lagi adalah perlombaannya itu sendiri. Kami mempersiapkan koreonya dengan sebaik mungkin, tapi ketika tampil justru saya membuat blunder dan sempat membuat tim saya kacau. Beruntung tim saya ini tim yang sudah lama dan berpengalaman bekerja dengan saya, akhirnya situasi segera terkendali. Alhamdulillahnya kita masuk FINAL!

Ajang Finalnya dilaksanakan di hari berikutnya. Belajar dari pengalaman terdahulu, kami sudah menyiapkan satu konsep lagi jauh2 hari untuk ajang Final. Sayangnya di kompetisi ini, konsep baru ngga terlalu diperhitungkan. Akhirnya kami berakhir di posisi keempat. Bersyukur sih, walaupun achievement ini ngga meningkat dibanding even sebelumnya. Tapi akhirnya dari ajang ini saya mendapat pelajaran bahwa dalam ajang dancecover yang paling penting adalah kostum, mirip, dan kekompakan. Yang lainnya belakangan. Terutama untuk Jpop, kami disarankan untuk nggak pake koreo cowok, padahal saya cinta mati sama Daichi Miura :D Emang sih, yang menang tuh yg sebangsa AKB gitu. Salah satu achievement dari lomba ini adalah kami dapat seorang sponsor yang bahkan memberi kami job untuk event di mall yang sama seminggu kemudian :D (lihat penampilannya disini ) walaupun saya ngga bisa ikut karena harus pulangkampung :D meskipun berakkhir di posisi keempat, tapi seneng juga ada yg mengakui keunnikan kami

very own dress :3
Minggu berikutnya saya habiskan di Jogja, sekedar berleha-leha, gulung-gulung di kasur dan maen ke pantai :3 Tapi ada satu lagi achievement di bulan ini, ketika saya didaulat menjadi panitia buku tamu pada pernikahan salah satu teman baik saya di Jogja. Sekali lagi, saya mendesain dan menjahit sendiri baju saya! Memang ngga sebagus penjahit profesional, tapi saya cukup puas dengan hasilnya.
Bersama panitia buku tamu lainnya

Dan tidak ada kabar yang lebih menyenangkan di bulan ini selain: LULUS UKDI.



Thanks ya Allah, for EVERY-SINGLE-THING

Melihat kembali 2013 yang saya lihat adalah: dance, dress, and doctor.
Mungkin disitulah masa depan saya

Resolusi saya simpel utk tahun depan:
Tahun baru, saya siap memulainya dengan kerja keras! Harus lebih baik dari 2013  

So, how about you?

You Might Also Like

1 comments

  1. ndiikk ndiikkk
    aku baru baca cobaaa hahahah kemana ajaaa
    dah hampir setaun padahal. ngapain aja aku ini -.-

    km jadi artis aja ndikk nyaingin si nyctagina(piye sih nulise) :D :D

    btw video mu yang part 1, km pake kaos yg I <3 RI ituuu ahahahah terharuuuu :'))))

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!