Choco Days 2012! A great moment to be "my self"

5:52:00 AM


Hai!

Posting ini seharusnya sudah saya tulis sejak 2 minggu yg lalu. Rencananya sih mau nongkrong di kafe sambil ngeblog pas libur 2 minggu kemaren, tapi ujung2nya males. hahahahaha.

Anyways, saya baru aja menyelesaikan salah satu bagian terbesar dan terlama dalam sejarah koass di FK manapun, yaitu departemen interna, dan sebagai hadiahnya, saya dpat libur 2 minggu. Nah, yang menarik adalah, tepat diminggu terakhir putaran saya di interna, ada serangkaian acara bertajuk CHOCODAYS atau singkatannya Comic, Hobby, and Cosplay Days yang diselenggarakan selama seminggu dari tanggal 29 November sampe 4 November di Atrium Tunjungan Plaza II.Berhubung saya sudah lama nggak pentas selama lebih dari setengah tahun dan berhubug saat itu saya lagi tergila-gila dengan performancenya Namie Amuro (japan's biggest hiphop star) di lagunya YEAH-OH, kemudian terpikirkan lah suatu ide gila: gmana kalo aku perform aja di ajang ini? apalagi acaraya di mall, suatu venue yg belum pernah aku pijak untuk performance sebelumnya (lapangan basket, lapangan bola, hall, kafe, sekolahan udah pernah soalnya :p)

for more information, buka page facebooknya Choco Days 2012 aja :p
disana bisa liat foto2 serunya acara dan rangkaian acaranya!

Kenapa ini ide gila?
Perform is not something illegal or crazy for me, tapi timingnya itu yg bikin gila! info soal ajang Chocodays ini baru saya liat via twitter @TUNJUNGANPLAZA sekitar tgl26 November, padahal saya ujian interna tgl 30 November! adahal yang namanya ujian interna itu ngga pernah maen-maen dan dosennya lebih ngga maen-maen lagi, banya yg killer dan suit meluluska mahasiswa. Sempet uring-uringan buat ikut atau enggak, sempet mikir sampe seharian pas libur idul adha itu. Akhirnya karena saya nggak bisa menyembunyikan keinginan dan hasrat yang begitu besar untuk perform lagi, pake kostum lgi, mempersiapkan performace yang beda, dan bermain makeup, akhirnya saya putukan untuk IKUT! dan nggak ragu-ragu saya langsung apply untuk DUA lomba sekaligus! lomba karaoke bertajuk J-idol (lomba cosplay sekaligus karaoke) dan lomba fashion show (fashion a la Jepang). And the story begun...

ini wig yang saya beli,
modelnya shaggy,
bukan straight
high ponytail yang pingin aku contoh,
sayang ngga kesampaian
Saya kemudian melakukan langkah utama yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya: BELI WIG! Datng kecara cospay, apalagi ikut lombanya, ngga mungkin kalo enggak pake rambut warna-warni. So I decided to buy wig from online shop. iini pengalaman pertama saya order wig apalagi dari onliine shop. Yg semakin bikin gila lagi adalah wig yg saya inginkan habis stoknya, jadi harus ambil model lain, dan wig itu baru sampe tgl 1 November! Sempet dagdigdug juga, takut wignya ga sampe pas lomba. Begitu sampe, lagi2 dagdigdug lagi soalnya wig kan ngga bisa dikucir ponytail gitu, padahal gayanya Namie Amuro yang mau saya contoh rambutnya high ponytail gitu. Akhirnya saya meniru gaya rambutnya namie yang lain lagi yang tetep aja enggak mirip gara2 potongan wig saya bener2 shaggy --; tapi berhubung tekad sudah bulat, apapun yang terjadi, MAJU TEROOS.
rambut gaya straight ala Namie
di videoclip YEAH-OH







Kostum versi black and white Namie Amuro
di videoclip YEAH-OH


Soal wig sudah beres. Berikutnya masalah kostum. Sbenerny kostum yang dipake Namie di videoclip YEAH-OH itu cukup simple (yang versi hitam) dan kebetulan saya punya sepatu stilleto hitam yag bisa dipae walaupun itu bukan boots seperti ciri khasnya namie amuro, sayangnya saya ngga punya waktu untuk menjahit sendiri kostumnya Namie itu. Bayangkan aja, saya harus belajar interna, latihan dance dan menyanyi, sekaligus menjahit baju dalam wakktu kurang dari satu minggu? mustahil. Akhirnya saya cari pinjeman kesana kemari, yang saya incar adalah leather pants warna item untuk menutupi fakta bahwa saya ngga pake leather boots (di video clip , namie pake legging hitam yg ditutup leather bootsnya yang setinggi paha--that's her signature). Tapi pijeman itu ngga dapet, karena baju juga ngga sepet jait, akhirnya saya cuma padupadankan baju hitam saya dengan jeans item (yang sebenernya warnanya udah belel) dan stilleto boong2an saya ituu (yg bahkan heels-nya nggak stabil)

Soal dance, sebenernya saya udah pernah latihan untuk lagu YEAH-OH itu, masalahnya, saya ngga pernah melatih tarian itu sambil bernyanyi! and that's a big problem! Saya sekrng bener2 kagum dengan penyanyi2 yg bener2 nyanyi (tanpa lipsync) sambil nari. termasuk bbrp girl band (dalam negeri dan korea) dan tentu saja Agnes Monica! Saya pernah belajar dance dan pernah belajar menyanyi. Tapi kedua teori dibidang itu ngga bisa diterapkan mentah2 secara bersamaan untuk menghasilkan performance dance dan nyanyian yg proper. Ada teknik khusus untuk menghasilkan performance yg bagus, perlu latian berkali-kali dan ngga maen2. Kalo mau instan langsung jadi, liat aja hasil performance saya yang produk instan tanpa proper exercise :p Ini semua gara2 saya ngotot pingin nari, padahal nggak ada kompetisi tari, akhirnya saya ikut kompetisi karaoke yng PASTI tidak memperkenankan adanya lipsync XP dan saya lebih baik ngga perform kalo ngga pake dance :p

And thanks to the makeup and the wig, I look totally different. This is my look for the J-idol contest. See:


see my performance:



Sudah liat performance saya?
Hahahahah, big mistake, huh? Itu si tukang mixer soundnya juga maen2 ama lagu saya itu. Masa udah maen lagunya sekitar 10detik tiba2 si mixer sound mengulang lagu saya dari awal lagi! akhirnya saya sempet terdiem beberapa saat sampe bagian selanjutnya dari nyanyian saya sebelumnya. Sebel juga sih, soalnya adrenaline rush-nya langsung ilang begitu lagu saya mati! Dan apabila saudara2 perhatikan, saya juga memakai trik supaya saya bisa menari dengan bebas, yaitu dengan memberikan beberapa fill in di beberapa bagian supaya saya bisa ambil nafas sesaat sekaligus  menari dengan lebih bebas :D. Menurut saya ide ini bagus dan banyak diterapkan oleh penyanyi profesional sekalipun, but I saw that the judges didn't like it. Well, I didn't mean to cheat anyway :3

Overall saya suka penampilan instan saya. Saya bisa perform-in artis favorit saya, sya bisa tetap ujian dengan tenang, yang ebih enting, "jiwa" saya yang selama berbulan-bulan ini ditekan oleh tugas2, kewajiban dan pelajaran, akhirnya bisa terbebaskan di ajang ini. Saya bener2 merasa "kembali menjadi diri saya". Orang bilang saya banci tampil. Ya, emang saya suka mengekspresikan diri melalui ajang2 seperti ini sih :) Selain itu, dugaan saya tepat dengan menampilkan Namie Amuro yang bergenre hiphop, karena ternyata hanya 2 peserta yang mengambil genre ini (mostly genrenya anime sih), dan hanya saya yang menampilkan dance-di-atas-heel-yang-tidak-stabil. I'm really trying my best to give a hiphop performance, a whole package.

Seperti yg saya bilang tadi, saya ikut lomba fashion show juga, sebenernya yg ini lebih pointless lagi, secara saya ngga bner2 menyiapka kostum dan properti yang bener2 seperti peserta lainnya yg heboh2 banget. Sebenernya tujuan saya ikut lomba ini adalah karena: sayang sama wignya kalo cuma dipake 1x lomba padahal belinya butuh effort dan pertimbangan yg panjang! hehehehe.

GYARU wannabe girl XP
Satu alesan lagi adalah karena saya lagi gila makeup dan pingin mencoba makeup genre GYARU. Jadilah saya dibantu teman saya yg sama2 "gila" buat mewujudkan gaya GYARU ini. Sayangnya hasilnya ga maksimal gara: 1. saya lupa beli nail art, 2. Bulu mata palsu yg udah dibeli dan disiapin untuk gaya GYARU ini malah hilang di venue acara 3. wig saya perlu dikeriting untuk gaya GYARU tp sy g dapet pinjaman alat catok, 4. jeda dari lomba j-idol dan fashion ini lumayan dekat, jadi persiapan cuma "seadanya".

Tapi sekali lagi, ini bukan tentang memenangkan kontes, tapi lebih kepada "membebaskan jiwa" saya yg terpenjara selama ini :p Rasana seneng sekali bisa perform, nyiapin ostum, maenan makeup, dan yg leih asik adalah ketemu dengan orang2 yg JAUUUUHHHHHHH lebih heboh dari kita. Mereka bener2 totalitas banget dalam berkostum dan bermakeup. Menurut saya mereka bener2 mengeluarkan banyak uang  dan meluangkkan banyak waktu untuk membentuk penampilan mereka itu. Belakangan baru sadar, ternyata saya secara tidak langsung sangat meng-underestimate ajang ini dengan tidak menyiapkan kostum saya dengan baik, apalagi melihat peserta lain yg totlitas bgt. My bad, tp taun depan saya pasti bakal lebih HUEBOH lagi dengan performance yg lebih "well-trained"
foto sama abang Kamen Rider dan Nikita
ini juri cosplay yang kostumnya TOTALITAS bgt

berfoto sama cosplayer lain yg TOTALITAS bgt

Me and Nikita



Terimakasih terbesar saya tujukan ke sobat sehati saya: NIKITA PERMATASARI yg sudah menyempurnakan makeup saya dan nungguin saya lomba selama 8jam :p juga ke sobat tercinta saya ANGGA MAULIDHA buat teknik makeupnya yang saya pake seharian (walaupun sempet luntur gara2 make softlens). HIDUP buat para calondokter-pecintaduniamakeup!! Hidup buat ekspresi! Hidup Namie Amuro! Hidup dance dan hidup saya! XP

Salam kenal buat seluruh cosplayer Chocodays 2012 yg bener2 totalitas dalam bermakeup dan berkostum. I adore you guys!

You Might Also Like

1 comments

  1. indikk weweweweww indik banget lah ini. tukang maksa hahahah.
    keren ndik! grogi gak nyanyi-dance gt? XD

    btw, foto kedua dr bawah, yg paling kanan itu cowok ya? ewh.

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!