Mari mencoba kereta api MADIUN JAYA!!

7:18:00 PM


Well! Welcome back!

Been a long time!

Sebenernya aku Cuma mau berbagi cerita dan pengalaman aja yg seharusnya aku bagi dari minggu lalu (soalnya sekarang udah agak lupa --;). Tp gpp lah,, udah janji mau share soalnya. Buat yg suka traveling utk jarak yg deket, saya mau berbagi sedikit gambaran ttg transportasi praktis yg bisa membawa kita traveling ke tiga tempat: Jogja, Solo, Madiun. Apa itu?

Kereta Api MADIUNJAYA!!

Satu lagi kereta eks-Jepang (CMIIW ^^;) yg beroperasi mengitari tiga destinasi utama: Jogja, Solo, Madiun. Harga tiketnya? Nggak mahal. Minggu lalu saya coba berangkat dari jogja sampe Solo, harganya 20.000 aja. Harganya emang dua kali lipat lebih mahal daripada kereta Prambanan Ekspres (Pramex) yg melayani rute Jogja dan sekitarnya hingga Solo (nggak sampe madiun lho!), tapi kereta Madiun Jaya ini lebih nyaman, karena kita ngga perlu rebutan tempat duduk! Sistem ticketingnya menggunakan nomer kursi, jadi nggak usah kawatir harus berdiri.

Interior keretanya sendiri keliatan bagus dan bersih (mungkin karena umur operasionalnya belum begitu senior kaya prameks :p). Cuma buat orang yg sensitive, kayaknya duduk berlawanan arah dengan arah berjalannya kereta bisa bikin masalah. Kereta ini system tempat duduknya berhadapan tiap 4 panumpang, seperti kereta kelas ekonomi pada umumnya. Kursinya keras tapi dilapisi bantal dibagian2 tertentu seperti alas duduk dan sandaran punggung+kepala. Dalam kereta cukup bersih dan kelihatan seolah masih “baru”  (berdasarkan gerbong yg saya tempati sih…). Lampunya terang (kalo di prameks kadang2 suka remang2 gitu). Ada tempat utk penumpang berdiri juga, tapi sepertinya hanya dimanfaatkan pada momen2 tertentu (mungkin waktu libur lebbaran dan semacamnya akan dijual tiket tanpa nomer kursi alias berdiri).

Yang lebih melegakan adalah, gerbong kereta ini berAC! Tapi buat yg dapet gerbong nomer 1 alias gerbong paling depan ato belakang masinis pas, mungkin ACnya ngga seberapa terasa, karena mesin kereta berada tepat dibawah gerbong terdepan (kereta ini lokomotifnya depan belakang gitu, jadi posisi gerbong 1 atau gerbong terdepan berubah2 sesuai arah tujuan kereta). Kalo emang lagi apes dan kepanasan di dalam gerbong, jangan khawatir, karena jendelanya didesain utk bisa dibuka kok.

Di tengah2 perjalanan, jangan takut kehausan atau kelaparan, karena ada trolley jual makanan yg akan lewat. Yah, jangan dibayangin makanannya kayak nasi goring atau apa gitu, Cuma cemilan aja.

Overall, cukup menyenangkan naik kereta ini. Perjalanan terasa lebih cepat, nyaman, dan menyenangkan. Buat yg Cuma pingin sightseeing aja, mungkin ini pilihan transportasi yg tepat. Soal jadwal keberangkatan bisa dilihat langsung di stasiun. Yang saya ingat, kereta ini berangkat dari jogja sekitar jam 9 kurang, jam 12 siang (ini kereta yg saya naiki), dan ada 2 jadwal lagi sore hari.


So, pack your back and go travel! nggak perlu jauh-jauh dan mahal2 kalo km pingin sensasi travelling! 


You Might Also Like

2 comments

  1. Hai Mba, mau tanya untuk lama perjalanan dari Jogja ke Solo berapa lama, ya? Lebih lama dari prameks atau nggak?

    ReplyDelete
  2. makasih banget untuk info Jadwal Kereta api Madiun Jaya - nya. saya sangat terbantu, kebeneran lagi pengen nyobain naik kereta ini ke madiun...

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!