Hati-hati dg Media online! STOP CURHAT ONLINE!

4:34:00 AM

Hai.

Kembali lagi blogging.

Hari ini aku belajar sesuatu, bahwa media online bukan lagi media yang bebas dimana kita bisa mengekspresikan diri. Media online sekarang sudah layaknya media berita, sehingga apapun yg kita ekspresikan mengandung unsur informasi dan berita yang akan menjadi konsumsi "publik". Untuk itu aku menghimbau semua teman saya pecinta blog dan dunia online untuk lebih berhati2 terhadap apa yg kita bagi melalui media online. Ini memang bukan rahasia lagi, tapi teman saya baru saja terjerat kasus karena status yg tertulis dalam jejaring sosial yang dulunya kita anggap sebagai diari online, kini lebih seperti media massa online. Sehingga teman saya tersebut terseret kasus (kalo dipidana kan bisa terjerat pasal 311, 355 dsb *sok tau banget, maklum, abis ikut seminar UU no,40/1999...)

Kemaren waktu seminar juga dijelaskan tetek bengek soal undang2 dan pers. Agak bingung juga, karena aku juga bukan jurnalis sejati, cuma jurnalis hobi aja. Dari situ aku jadi agak terbuka pikirannya. Salah satu pembicara berkata:
"sekarang ini tukang tambal ban saja bisa jadi wartawan melalui situs jejaring sosial"
ternyata bener juga apa kata narasumber itu. Aku sendiri banyak mendapat informasi yg berupa Fakta melalui jejaring sosial. Merasa lebih uptodate lewat jejaring sosial. Tapi dari situ aku juga musti hati2, karena kadang kita lupa bahwa ngga semuanya berupa "fakta". kadang kita terbawa sama hal2 yg sifatnya subyektif dan emosionil sehingga ujung2nya seperti fitnah. Semacam sugesti atau provokasi juga.

Aku sendiri kadang masih suka agak "vulgar" distatus. Untung mamaku sering komen kalo statusku "vulgar" begitu. lama kelamaan aku mulai sadar bahwa media online bukan media curhat. sama sekali bukan. tapi media konsumsi publik. Jadi seharusnya ga boleh vulgar2..bagian vulgar cukup untuk orang2 terdekat aja dan melalui media yg lebih private lagi..

Jadi menurutku sekarang susah yg namanya curhat online. Segala sesuatu bisa jadi konsumsi publik. Mendingan kita ngumpul ama sobat-sobat di tempat yang cozy, abis itu curhat langsung aja..

Sedih juga media yg kusuka sekarang bisa berbalik jadi bumerang buat kita. Tapi itu pelajaran. Apalagi setelah dibilangin pas seminar kemaren, bagaimana hukum bisa menjerat kita. Bagaimana luasnya implementasi hukum. dan bagaimana media online yg dan media publik bisa mendatangkan masalah untuk kita. Cukup satu prita saja. Online ternyata ada bahayanya.

ahaahaha
sok2an banget.
Sekarang aku akan lebih berhati2 dan ngga vulgar lagi.

Semakin maju jaman, semakin banyak hal berubah, entah lebih maju atau lebih mundur, entah menguntungkan, atau malah membawa bahaya...

Salam manis,
Indy yg lagi seneng latian saman

You Might Also Like

0 comments

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!