REFleksi Diri

5:36:00 PM

Hari ini aku nonton acara berita pagi yg di TVone *aku lupa judulnya*. Hari ini topiknya tentang kanker pada anak2. Menghadirkan dokter spesialis onkologi, Bu Kartika ketua Yayasan Onkologi Anak, Shanaz Haque (dulu pernah kanker rahim), dan seorang anak penderita kanker tulang. Sebenernya aku kurang suka ma TVone, karena berita pendaki gunung salak yg hilang dulu terlalu dibesar2kan sama pihak TVone. Tapi untuk topik yg satu ini sangat inspirasional.

Nimas (14) menderita kanker tulang di kaki kanannya sejak umur 12. Sekarang dia udah lepas obat2an seteah setahun cuti sekolah dan berobat. Walaupun sempet cuti, setelah dia kembali ke sekolah, dia tetep masuk kelas unggulan. Waktu ditanya "rahasia"nya apa untuk tetep survive, dia jawab "Semangat"

Sementara, Bu Kartika mendirikan Yayasan Onkologi Anak bersama ibu2 yg anaknya dulu pernah kena kanker. Anaknya bu Kartika sendiri dulu kena Leukimia dan di vonis 3 bulan. Bayangin? Tapi Bu Kartika ngga patah semangat dan bawa anaknya ke Belanda. Dan akhirnya: SEMBUH

Shanaz Haque juga bilang, ada kalimat yg terkenal dikalangan onkologi: "I have cancer BUT............(kalimat lanjutannya aku lupa)". Menurut Shanaz, KANKER ADALAH PENYAKIT YANG DIBERIKAN KEPADA ORANG-ORANG SPESIAL.

Aku sempat tertegun mendengar pernyataan itu.
Penyakit yg mengerikan kenapa dibilang spesial?

Tapi setelah kita pahami kembali, ngga ada sesuatu di dunia ini yang diberikan oleh Tuhan tanpa tujuan. Kanker memang datang pada seseorang yang bener2 spesial, yang punya SEMANGAT sangat besar, yang punya KEMAUAN sangat besar, yang TIDAK PUTUS ASA walau vonis sudah didepan mata, yang RAJIN mencari informasi, yang BANYAK MENGINGAT TUHAN, yang PANDAI MEMANFAATKAN WAKTU DALAM HIDUPNYA, yang SABAR dan TABAH, dan masih banyak kelebihan lainnya. Dan mereka itulah yang akhirnya survive.

Aku sendiri pernah menyaksikan seseorang yg bener2 deket denganku divonis kanker dengan stadium yang sudah mendekati akhir. Tapi memang orang itu spesial, sehingga semangat, kesabaran, dan doanya kini membawa orang tersebut bebas kanker. Menakjubkan.

Kita yang lebih sehat seharusnya bisa lebih baik lagi. Lebih banyak bersyukur dan berhenti mengeluh. Dan aku akui itu sangat sangat susah. Sampai detik ini pun aku masih mengeluh karena aku tidak punya ini, tidak punya itu,tidak bisa ini, tidak bisa itu, kenapa harus begini, kenapa harus begitu. Yang akhirnya stres dan sakit. Mungkin stres itu lebih menyakitkan.

Dokter spesialis onkologi itu juga menambahkan bahwa obat yang paling baik adalah SEMANGAT.

Aku jadi inget kasus Ponari. Aku ngga tau kenyataannya apa bener sakti atau ngga. Yg pasti kebanyakan dari mereka punya sugesti yang baik ketika meminum air Ponari. Menurutku sugesti itulah termasuk salah satu unsur yang membawa mereka untuk sembuh.

Seharusnya kita semua punya sugesti yang baik terhadap hidup, punya semangat dalam memandang hidup, dan..........

Masih banyak lagi yg perlu kita semua refleksikan dalam hidup kita....


PS. Buat para calon dokter, tugas kita masih panjang dan berat....

You Might Also Like

5 comments

  1. iya ndik, kadang kita merasa masih kurang ini itu. Masih pengen ini itu. Masih menuntut banyak hal.
    Padahal apa yang kita dapatkan udah nikmat luar biasa.
    Dan aku juga mencoba mengendalikan diriku, belajar bersyukur dan iklas.

    ReplyDelete
  2. mengamini gel2.

    hehehhe.

    ndik. apa gejala diabetes dan kolesterol tinggi serta hipertensi? aku takut terkena salah satu dari 3 penyakit itu, ntah sekarang ato dimasa tua nanti. soalnya kmaren aku dengerin tv one hari minggu, mereka menyebutkan gejala2 diabetes dan itu aku banget. hueh. aku jadi takut.

    tapi aku ngga gemuk sama sekali..jadi lebih ga bisa dideteksi..

    ReplyDelete
  3. TV one tuh lumayan, kok, ndik! Lagian 7 orang 'hilang' tuh ya emang berita lumayan besar. biasa wae kalo mereka mau mengekspos.

    Iya. Kadang2 aku suka malu sendiri kalau melihat orang2 yang seperti penderita2 kanker itu.

    ReplyDelete
  4. wues..postinganya..
    btw, aku jarang nonton tipi ndik..
    tapi tv one apik ok..

    kin, jangan pikirkan yang tidak ingin kmu alami ye..
    karna kesehatan holistik di masa2 tua tu mungkin2 aja..
    dosenku ada yang umure 50 tahunan tapi masih cerewet dan sehat bugar kayak bu nanik kimia.suer!

    ReplyDelete
  5. fur all:

    thanks buat commentnya!!!!!

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!