ADA BULE DI KA SANCAKA!!! HMMM YUMMY....

9:46:00 PM

Kemaren aku pulang ke jogja naek kereta Sancaka sendirian. Di kelas eksekutif seharga 70rb perak.

Sebelahku duduk laki2 dengan tampang Lembu Clubeighties tapi logatnya jawa timuran banget dan pendiem.
Intinya:Ngga menarik.

Yang menarik adalah dua orang yang duduk dikursi depanku. Seorang Bule Amerika kelahiran Kanada kira2 28-30 tahun. Berkumis dan jenggot, semua rambutnya pirang pokoknya. Lumayan gaek.

Sebelahnya ada orang asing dengan tampang kaya orang Timor Timur yang tinggal di Thailand. Tua. Pertamanya aku pikir orang Indonesia, tapi ternyata ngga bisa bahasa Indonesia. Padahal dia ngerti banget soal bis, kereta, dan kota2 di Indonesia. (apa dia boong ya?? Sok bule gitu?)

Nah, mereka bercakap2 sepanjang perjalanan. Dan, AKU MENGUPING.....hehehe....itulah menariknya. Daripada dikereta cuma ndomblong, mending nguping sekalian belajar bahasa Inggris...

Pertamanya mereka mbahas soal Bis. Si Amerika bilang Surabaya itu weird. Soalnya ngga punya terminal bis di dalem kota. OK. Penilaian pertama, ni bule enak aja ngenyek.

Trus mereka mbahas sesuatu tentang muslim. Aku ngga terlalu jelas. Tapi si orang asing tua disebelahnya sepertinya mengeluarkan statemen yg ngga terlalu bagus tentang muslim. Sebagai seorang muslim aku pingin ikut nimbrung, tapi kalo ternyata aku yg salah denger, kan jadi malu. So, aku cari aman.

Mereka jg smpat membahas malioboro. Si orang asing tua tu pnya niat buruk. Dia mo belanja murah di jogja, trus brg2 itu dioleh2in buat temen2nya, trus ngakunya dari bali. Soalnya menurut dia harga di jogja bisa ditawar lebih rendah dari pada di bali dan temen2 dia jg ngga bakal tau kalo itu bukan dari Bali. Jahat ya? Si tua tu emang cerewet dan ngga nyenengin omongannya.

Trus yang lebih menarik, mereka bahas pemerintahan indonesia yg menurut mereka sangat buruk. Menurut si tua, Indonesia adalah negara dg penduduk yg sangat hangat hatinya, tapi sangat bodoh!Si tua itu keliatannya tau byk ttg Ind (atau sok tau?) Dia bilang, org yg cuma bisa masak nasi goreng tu bisa jadi pejabat. Dia bilang dulu dalam sejarah Indonesia ada seorang pejabat yg tanpa pendidikan apapun bisa menjabat! Dia cerita juga bahwa dia sudah pernah keliling dunia dan ikut seminar pendidikan di kota2 besar seperti NY, Hawaii, dan beberapa negara Asia seperti Jepang. Dan menurutnya orang Indonesia tu pendidikannya lowest. Alias paling jelek sedunia!

Kupingku mulai panas!! Emangnya pemenang olimpiade matematika, fisika, tu dari mana kalo bukan Indonesia????

Tapi aku malu kalo tau2 aku nyrocos dan salah. Jadi aku tunggu momen yg tepat.

Si tua itu tau aku bisa bahasa inggris. Soalnya dia sempat nanya ke aku soal pecel Madiun pas KA berhenti di stasiun Madiun. Trus pas sampe di Stasiun Balapan Solo, tiba2 si Tua nanya ke aku. Dia terima SMS nyasar. Jadi aku blg aja kalo itu SMS nyasar. Trus dia tanya lagi, Solo dulu apa Jogja. Trus dia cerita kalo dia mo ke Jogja. Aku bilang juga kalo aku di jogja, ortuku di jogja tapi aku kuliah di Surabaya.

Nah, beruhubung ada kesempatan dia nengok belakang, aku coba untuk klarifikasi. Aku bilang bahwa jogja adalah kota yang paling bagus pendidikannya. Si tua itu ngga setuju. Dia bilang iya bagus, tapi bukan yang paling bagus. OK lah. Tapi setidaknya bagi orang Indonesia, Jogja adalah tempat terbaik untuk belajar, kataku. Barulah dia setuju! Trus dia mulai nanya2. Aku jelasin kalo aku dulu sekolah SMA di jogja, baru lulus, dan masuk ke universitas di Surabaya. Si Tua tu trus gumun liat ada anak kecil (aku) tapi "SMART" (dia bilang gitu ke si bule pirang)

Nah lagi, si bule pirang mulai tertarik ngeliat ada orang Indonesia yang--menurut dia-- Smart. Trus dia bilang: KAMU PUNYA PRONOUNCIATION YANG BAGUS (hehehehe,,dia mantan guru toefl lho...) Trus dia tanya, SMA mu apa. Karena ku pake Jaket padmanaba, aku bilang aku dari Padmanaba. Dia penasaran apa aku ikut kursus bahasa inggris. Tapi aku bilang nggak. Dia tanya lagi, apa ada guru asing. Aku bilang dulu ada, dari AS tapi sekarang aku ngga tau. Trus dia penasaran, darimana kamu belajar bahasa inggris, aku bilang dari FILM AMERIKA! Grey's Anatomy terutama. Sayangnya dia ngga gitu suka Grey's cz terlalu dramatic dan emosionil. Tapi temen2nya banyak yang suka. Sekali lagi mereka memuji aku: BAHASA INGGRISMU BAGUS, DAN KAMU SMART! (hahahaha) -->takabur bangeet, astaghfirullah (^_^;) padahal bahasa Inggrisku ki koyo eek... elek dan gag jelas...gur iso niru film

I even gave five to the oldman.

Setelah aku menguping lebih lanjut, ternyata si Bule pirang itu pernah homestay di sebuah keluarga miskin di Indonesia. Dan anak2 di keluarga itu cukup hebat. Mereka ngga sekolah, tapi tetep belajar. Mereka belajar darimana aja. TV, buku, bahkan dari orang lain. Alhasil, tu anak2 yg tadinya miskin malah jadi sukses dan sekarang berdomisili di luar negri dengan kehidupan yg jauh2 lebih baik!

Pendapat mereka, orang indonesia itu terlalu menganggap pendidikan itu ngga penting. Katanya si tua, dia punya kenalan orang indonesia yg suka ganti2 mobil dan buang2 duit cuma buat dia dihormati orang lain. Dan menurut mereka, sekolah di Indonesia itu ngga mengajarkan apa2 sama muridnya. Sekolah Indonesia itu cuma menarik biaya yg besar untuk seragam yang bagus, tapi dibidang pendidikan ngga ada yang signifikan.

Kita semua pasti ngga setuju. Mereka memang cuma sok tau. Tapi itulah pandangan dunia tentang Indonesia. Sekilas memang itu yg mereka saksikan dari negara kita tercinta. Tinggal siap atau tidaknya kita untuk memperbaikinya!

Terakhir, pas turun, si Bule pirang bilang: Gud luck jadi dokter!

Dan satu pesennya dia yg akan aku lakukan di masa depan:
CURE CANCER FOR US

ONE DAY, I WILL ...

You Might Also Like

1 comments

  1. ho hoh ohoho

    sudah ndyk,
    kau itu besok jadi istri bule.
    hahhahha.
    aku dah ospek fakultas.
    PPLB sangad.
    Ono swangsse dan mas galeh.

    ada juga anak eks TN yang sangad cakep dan gagah.
    halah,


    semangat terus ndyk.
    sinau basa inggris sing makjos biar besok nyambung sama suamimu., bule hungaria.
    hahahaha.

    hahahaha.

    ReplyDelete

Tinggalkan pesan manismu disini yah..... =)
Yang ninggalin pesen sama manisnya ma yang nulis blog...
hahaha

Follow me on Instagram

Instagram

Share it!